Penderita Anemia Tetap Bisa Berpuasa, Asal...

Penderita Anemia Tetap Bisa Berpuasa, Asal...
Ilustrasi penderita anemia. (Pinterest)

Penderita anemia biasanya merasa lemas terutama dalam kondisi berpuasa. Meski begitu, bukan berarti seorang penderita anemia nggak bisa menjalankan ibadah puasa.

Inibaru.id – Puasa saat Ramadan memang sebuah kewajiban bagi seluruh umat Muslim di mana pun berada. Namun, dalam kondisi tertentu, beberapa orang mendapat keringanan untuk nggak menjalankan kewajiban ini. Ada yang nggak boleh berpuasa karena sakit, ada juga alasan menstruasi.

Namun, para penderita anemia tetap dibolehkan berpusa, kok. Orang yang menderita anemia berarti kekurangan sel darah merah sehat yang berfungsi mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Padahal, oksigen dan nutrisi tersebut sangat diperlukan terutama saat puasa.

Nah, penderita anemia masih bisa puasa asalkan tetap memperhatikan gizi dan aturan untuk menjaga tekanan darah. Sebelum puasa, kamu harus tahu dulu seberapa rendah tekanan darahmu. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Kalau dinyatakan boleh berpuasa, kamu nggak bisa sembarangan memilih menu makanan untuk buka dan sahur, Millens. Makanan yang kamu konsumsi harus mencukupi kebutuhan gizi terutama kebutuhan zat besi dan vitamin B.

Daging merah baik untuk penderita anemia. (Babyologist)

Melansir laman Klikdokter (9/6/2015), saat sahur konsumsilah makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Lebih baik memperbanyak protein dibandingkan karbohidrat. Yap, mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak saat sahur dapat membuatmu mudah lapar dan lemas pada siang harinya.

Untuk berbuka puasa, kamu disarankan mengonsumsi makanan manis terlebih dulu seperti teh manis, kolak, dan kurma. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan kadar gula darahmu. Beri jeda untuk tubuhmu sebelum mengonsumsi makan besar. Jangan lupa, makanan yang kamu konsumsi harus bergizi lengkap ya!

Suplemen tambahan dapat menguatkan tubuh penderita anemia. (Shutterstock)

Oh iya, jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen tambahan jika kamu merasakan gejala anemia yang parah. Suplemen tambahan yang utama adalah yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Dosis suplemen juga perlu dikonsultasikan dengan dokter supaya asupan yang ada di tubuh seimbang.

Selamat berpuasa dan tetap jaga kesehatanmu ya, Millens! (IB10/E04)