Pendengar Podcast di Spotify Melonjak

Pendengar Podcast di Spotify Melonjak
Podcast di Spotify. (Thevocket)

Pendengar podcast di layanan streaming musik Spotify naik hingga 50 persen. Apa dampak dari hal ini?

Inibaru.id – Layanan streaming musik Spotify menyebut jumlah pendengar Podcast mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak awal 2019. Pada kuartal I-II 2019, pendengar Podcast naik sekitar 50 persen dari kuartal sebelumnya. Bahkan, jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan dengan yang tercatat pada awal tahun.

Kabar ini sangatlah baik bagi Spotify yang sebelumnya telah mengakuisisi Gimlet Media dan Anchor. Kedua aplikasi itu  merupakan jaringan Podcast yang menyediakan layanan bagi para kreator untuk membuat, memublikasikan, hingga mendapatkan keuntungan karya berbasis audio itu.

Spotify tercatat harus mengeluarkan uang sebesar 500 juta dolar AS atau sekitar Rp 7 triliun demi mengakusisi Gimlet Media seperti ditulis laman Kompas, Jumat (2/8/2019). CEO Spotify Daniel Ek juga mengungkap data tentang 20 persen dari total pendengar Spotify yang juga mendengarkan Podcast.

Setelah mengakuisisi Gimlet Media dan Achor, Spotify juga disebut-sebut akan mengakuisisi Parcast. Hal ini dipicu pengumuman yang dikeluarkan Spotify yang menyebut pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan Higher Ground Production, perusahaan media yang dimiliki Barack dan Michelle Obama.

Kesepakatan ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa tahun dan menghasilkan platform yang bsia digunakan para kreator untuk kebutuhan streaming Podcast eksklusif. Diharapkan, strategi ini bisa membuat pengguna tetap berada di Spotify dan tidak tertarik menggunakan platform lainnya.

Di sisi lain, pada Kuartal II tahun ini, pengguna Spotify premium dilaporkan sudah mencapai 108 juta atau naik sekitar 9 persen dari kuartal yang sama tahun 2018. Total, pengguna aktif bulanan Spotify mencapai 232 juta atau naik 7 persen dari tahun lalu.

Hal ini berimbas pada pendapatan year on year (YoY) dari pelanggan premium yang naik hingga 1,5 miliar euro atau sekitar Rp 23,3 triliun. Sementara itu, pelanggan gratisan yang masih mendapatkan subsidi iklan juga memberikan pendapatan sebanyak 165 juta euro atau Rp 2,5 triliun, naik 34 persen dari tahun sebelumnya.

Millens juga sering dengar Podcast di Spotify nggak nih? (IB09/E04)