Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka Hari Ini, 9.176 Kursi Disiapkan

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka Hari Ini, 9.176 Kursi Disiapkan
Pendaftaran sekolah ikatan dinas mulai dibuka. (Antara/R Rekotomo)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai membuka pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun ini. Pendaftaran dibuka mulai 9-30 April 2019 dengan kuota siswa yang diterima sebanyak 9.176.

Inibaru.id – Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2019 bagi lulusan SMA/SMK/sederajat mulai dibuka Selasa (9/4/2019). Berdasarkan rencana, pendaftaran Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil melalui Pendidikan Kedinasan (SSCASN) akan berlangsung hingga 30 April mendatang.

Tahun ini, sebanyak delapan lembaga/kementerian dengan 21 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran. Dari jumlah tersebut, kuota yang disediakan sebanyak 9.176 kursi.

Bagi yang pengin mendaftar, kamu bisa mengakses melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id dengan memasukkan NIK dan sandi. Untuk mendapatkan NIK dan sandi, calon peserta harus melakukan pendaftaran akun terlebih dulu dengan mengakses laman resmi https://dikdin-daftar.bkn.go.id/akun.

Nanti, calon peserta akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Berikut rincian lembaga yang membuka pendaftaran seperti tertulis di laman Kompas, (9/4).

Kementerian Keuangan

Di antara sekolah kedinasan yang ada, pendaftaran di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN biasanya menjadi favorit lulusan SMA/SMK. Kali ini, mereka membuka pendaftaran paling banyak yakni 3.000 peserta. Jurusan yang dibuka yakni Diploma I (DI) dan Diploma III (D3), untuk jurusan Kebendaharaan Negara, Pajak, Kepabean dan Cukai, Manajemen Aset, serta Akuntansi.

Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) juga membuka pendaftaran SSCASN. Kuota tampunya terbanyak setelah PKN STAN yakni 1.700 peserta.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Politeknik Ilmu Kemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) membuka pendaftaran dengan kuota sebanyak 600 orang.

Badan Pusat Statistik

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola Badan Pusat Statistik sejak 1958. Tahun ini, STIS membuka pendaftaran dengan kuota sebanyak 600 peserta.

Badan Intelijen Negara

Badan Intelijen Negara juga membuka pendaftaran untuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang ada di bawahnya. Pada 2019, STIN membuka pendaftaran untuk 250 orang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Sekolah kedinasan di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yakni Sekolah Tinggi Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) juga membuka pendaftaran. Kuota yang dibuka sebanyak 250 peserta.

Badan Siber dan Sandi Negara

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang merupakan sekolah tinggi di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membuka pendaftaran SSCASN. Namun, daya tampunya hanya 100 peserta.

Kementerian Perhubungan

Sekolah Dinas yang ada di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga membuka pendaftaran, lo. Terdapat 11 sekolah di bawah Kementerian Perhubungan dengan kuota sejumlah 2676 yang dibuka.

Sekolah-sekolah tersebut di antaranya Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Politeknik Ilmu Pelayaran, Politeknik Penerbangan, dan Politeknik Sungai Danau Penyeberangan.

Selain itu, tiga akademi di bawah Kemenhub juga membuka pendaftaran. Tiga akademi tersebut adalah Akademi Perkeretaapian Indonesia, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar

Kalau kamu tertarik, segera lengkapi berkas dan daftar, ya, Millens. (IB24/E04)