Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Telah Dibuka, Cek Penjelasannya Berikut

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Telah Dibuka, Cek Penjelasannya Berikut
Pendaftaran Kartu Prakejra gelombang II telah dibuka. (Antara Foto/Moch Asim)

Mulai Senin (20/4/2020), pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II resmi dibuka.  Kamu yang pengin mendaftar bisa membuka web resmi Kartu Prakerja dan mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan.

Inibaru.id – Pendaftaran Gelombang I Kartu Prakerja telah terlaksana pada 11-16 April 2020 lalu. Proses ini berhasil menjaring setidaknya 200.000 orang. Pemerintah pun membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II mulai hari ini, Senin (20/4/2020).

Manfaat program Kartu Prakerja yang didapat peserta adalah bantuan biaya pelatihan dan pengembangan kompetensi kerja bagi para tenaga kerja aktif berusia 18 tahun ke atas. Peserta juga harus tidak sedang menjalani sekolah atau kuliah. Satu hal yang pasti, bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi, bukannya menggaji pengangguran.

Kalau kamu berencana untuk mendaftar, segera kunjungi situs resminya di www.prakerja.go.id. Pastikan sudah memiliki alamat surat elektronik (surel) aktif dan password. Jika kamu bisa mendaftar, akan mendapat uang pelatihan dan intensif. Bantuan bagi peserta ini hanya akan diberikan satu kali seumur hidup.

Pengangguran muda lebih diprioritaskan untuk pendaftaran Gelombang II ini. Pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi Covid-19 juga boleh mendaftar. Korban PHK dan karyawan yang masih bekerja namun ingin meningkatkan kompetensi juga diperbolehkan ikut serta.

Kartu Prakerja berwarna biru. (Geotimes)
Kartu Prakerja berwarna biru. (Geotimes)

Setelah terdaftar di laman www.prakerja.com, ada beberapa tes yang mesti kamu ikuti seperti tes motivasi dan kemampuan dasar guna melengkapi proses pendaftaran. Dalam tes ini, terdapat 19 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 25 menit.

Tes yang harus dilaksanakan adalah pengoperasian matematika (penjumlahan, pengurangan pecahan, logika), pengurutan instruksi, pemahaman bacaan non-sastra, dan pertanyaan terkait motivasi kamu mengikuti tes. Kalau kamu gagal di tes ini, jangan terlalu bersedih. Masih ada kesempatan untuk mendaftar lagi di gelombang berikutnya.

Jika kamu lolos, akan diberi bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta untuk ikut pelatihan di Platform Digital Media yang telah ditunjuk pemerintah. Di sana, kamu bisa memilih berbagai macam pelatihan seperti fotografi, tips membuka usaha, kursus bahasa, keterampilan perawatan dan kecantikan, keterampilan mencari uang di meda sosial, dan lain-lain.

Terdapat dua jenis insentif yang didapatkan pemegang sah Kartu Prakerja yang menyelesaikan pelatihan pertama, yaitu Insentif Pelatihan untuk anggaran 2020 sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan Insentif Survei Kebekerjaan untuk anggaran 2020 sebesar Rp 50.000 per survei. Rencananya, ada tiga survei yang bisa diikuti peserta Kartu Prakerja.

Cek laman resmi www.prakerja.go.id untuk info lebih lanjut. (Prakerja.go.id)<br>
Cek laman resmi www.prakerja.go.id untuk info lebih lanjut. (Prakerja.go.id)

Peserta Kartu Pra Kerja juga akan mendapatkan insentif jika telah memenuhi hal-hal berikut.

1. Menyelesaikan pelatihan.

2. Bagi peserta yang mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif hanya diberikan pada pelatihan yang pertama saja, untuk kedua dan seterusnya nggak ada insentif.

3. Telah mengirim ulasan terhadap Lembaga Penelitian.

4. Telah mengisi penilaian terhadap Lembaga Pelatihan.

Pemerintah menargetkan ada 30 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja hingga akhir 2020. Kuota per gelombang akan dibagi berdasarkan area dan periodenya masing-masing. Untuk mengetahui jumlah kuota per gelombang, kamu bisa mengeceknya di dashboard akun.

Kalau kamu masih penasaran, langsung cek saja di web resminya di www.prakerja.com ya. Jika berhasil mendaftar, pergunakan insentifnya dengan bijak ya! (Kom/MG26/E07)