Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai Hari Ini, Begini Cara Daftarnya

Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai Hari Ini, Begini Cara Daftarnya
Pelamar CPNS sudah bisa melakukan pendaftaran mulai hari ini. (Ngopibareng.id)

Pendaftaran seleksi CPNS 2018 mulai dibuka Rabu (26/9/2018) hingga 10 Oktober nanti. Begini langkah-langkah pendaftarannya.

Inibaru.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka hari ini, Rabu (26/9/2018). Masyarakat sudah bisa mendaftar melalui situs sscn.bkn.go.id sebelum memilih instansi yang tersedia hingga 10 Oktober nanti.

Detik.com, Rabu (26/9), menulis, memasuki fase pendaftaran, Kasubbag Hubungan Media dan Antar Lembaga Badan Kepegawaian Negara (BKN) Diah Eka Palupi mengimbau masyarakat untuk nggak terburu-buru melakukan pendaftaran secara serempak. Hal ini dilakukan untuk mencegah padatnya lalu lintas situs lantaran terlalu banyak masyarakat yang mengakses.

“Kami imbau untuk tidak usah terburu-buru daftar. Baca dulu baik-baik dan lihat formasi-formasinya, barangkali ada yang bisa lebih mantap untuk dipilih,” kata Diah.

Untuk mendaftar, pelamar diwajibkan untuk mengisi data diri meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK); Nomor Kartu Keluarga (KK); alamat surel yang aktif; foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb; kata sandi; dan pertanyaan pengalaman. Setelah mengisi data tersebut secara lengkap, pelamar baru bisa mencetak kartu informasi akun.

Sudah Selesai? Tunggu dulu. Pelamar harus masuk sekali lagi menggunakan kata sandi yang baru didaftarkan. Setelah masuk, pelamar diminta mengunggah foto swafoto dengan memperlihatkan KTP dan kartu informasi akun, lalu mengisi biodata. Jika sudah lengkap, pelamar bisa memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan.

Sebelum menyimpan data, pelamar sebaiknya mengecek dulu kebenaran resume yang diisi. Jika nggak ada kesalahan, pelamar bisa segera mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018.

Hingga kini, BKN mengumumkan sebanyak 224 instansi pemerintahan telah membuka pendaftaran. Hayo, sobat Millens mau masuk instansi yang mana nih? Satu hal yang penting, lebih telitilah selama mengisi ya. (IB15/E04)