Pendaftaran CPNS 2017 Gelombang II Segera Dibuka, Perhatikan 8 Poin Ini!

Anda berkeinginan untuk mendaftar CPNS gelombang kedua? Sebelum mendaftar, baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pendaftaran CPNS 2017 Gelombang II Segera Dibuka, Perhatikan 8 Poin Ini!
Ilustrasi pendaftaran CPNS gelombang 2. (Foto: gelora.co)

 

Inibaru.id - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 gelombang II akan dimulai. Dibuka pada 11-25 September 2017, sebanyak 61 instansi pemerintah telah membuka lowongan, yang diperuntukkan bagi 17.928 orang.

Sebagaimana diungkapkan Kemenpan RB yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (6/9), sejumlah informasi ini perlu Anda perhatikan untuk mengikuti proses penerimaan tersebut.

1. Tiga situs informasi pemerintah

Ada tiga laman daring pemerintah yang bisa digunakan untuk mengakses informasi penerimaan CPNS ini, yakni: menpan.go.id, ssc.bkn.go.id, dan cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2.

2. Sistem Daring

Seluruh proses penerimaan CPNS dilakukan dengan sistem daring atau online melalui sccn.bkn.co.id. Pendaftaran daring dibuka tanggal 11-25 September 2017 dengan mengisi formulir yang disediakan menggunakan data kependudukan.

Setelah itu, lakukan pendaftaran daring melalui laman kementerian atau instansi yang mau dilamar di tanggal tersebut. Sebelum mendaftar, harap siapkan pas foto digital berlatar warna merah berukuran 3x4.

3. Kuota Khusus

Lulusan cumlaude dan penyandang disabilitas akan mendapatkan kuota khusus dalam penerimaan CPNS gelombang II ini. Tak hanya itu, putra-putri dari Papua dan Papua Barat juga akan mendapatkan jatah khusus.

Sebagaimana dikatakan Menpan-RB, Asman Abnur, sebanyak 1.850 lowongan diperuntukkan bagi lulusan terbaik berpredikat khusus, sedangkan penyandang disabilitas akan mendapat jatah 166 lowongan. Sementara, putra-putri Papua dan Papua Barat akan mendapat kuota 196 posisi.

4. CPNS Kalimantan Utara

Sebagai provinsi baru sebagai hasil pemekaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara membuka lowongan bagi 500 posisi. Kebijakan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun.

Baca juga: Buka Pendaftaran PNS Gelombang 2, Tagar CPNS Jadi Trending Topic Indonesia

5. Gratis

Seleksi CPNS 2017 dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

6. Satu Instansi dan Satu Jabatan

Pelamar CPNS 2017 hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. Maka, pastikan kompetensi dan kemampuan Anda sesuai dengan jabatan yang dilamar.

7. Pelamar yang Gagal di CPNS Gelombang I Bisa Mendaftar Gelombang II

Pelamar CPNS Gelombang I (Kemenkumham dan MA) tidak lolos seleksi administrasi diberi peluang melamar CPNS Gelombang II. Pelamar tersebut juga tidak perlu lagi membuat akun untuk melamar di Gelombang II dan hanya perlu log-in dengan memasukkan NIK dan kata sandi pada Gelombang I.

8. Hati-hati Penipuan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meminta masyarakat lebih berhati-hati agar tak tertipu saat mendaftar penerimaan CPNS 2017.

Jangan percaya jika ada pihak (calo) yang menjanjikan mampu membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya. (GIL/IB)