Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom 2022 Masih Berlangsung, Mana Kampus Favoritmu?

Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom 2022 Masih Berlangsung, Mana Kampus Favoritmu?
Tahun ini, OSC berkolaborasi dengan 27 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyiapkan 539 beasiswa jenjang S1. (Medcom)

Sekarang masih berlangsung pendaftaran Beasiswa OSC Medcom 2022. Ada 539 beasiswa jenjang S1 yang tersebar di kampus-kampus favorit di Indonesia. Yuk daftar!

Inibaru.id - Di Indonesia, pendidikan masih sulit diakses karena biaya yang nggak terjangkau. Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, angka partisipasi jenjang pendidikan tinggi di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Oleh karena itu, keberadaan beasiswa yang membidik para calon mahasiswa menjadi salah satu solusi strategis untuk mendongkrak angka partisipasi menjadi lebih tinggi.

“Pemberian kesempatan beasiswa merupakan program strategis. Sama seperti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), kami melakukan perluasan kesempatan pendidikan tinggi tidak hanya bagi pelajar, namun juga guru hingga seniman,” kata Nadiem dalam video sambutan di Kick Off Beasiswa OSC 2022, di Universitas Tarumanegara pada 8 Agustus 2022.

Dengan adanya OSC, Nadiem berharap kesempatan anak-anak Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan semakin terbuka.

“Dengan OSC kesempatan melanjutkan pendidikan perguruan tinggi semakin terbuka. Ditambah dengan MBKM, maka lulusan perguruan tinggi akan membuat generasi unggul semakin maju,” tegas Nadiem.

Sebagai informasi, Online Scholarship Competition (OSC) merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan sejak tahun 2015 oleh Surya Edukasi Bangsa Fondation dan situs berita dan video. Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang akan menempuh jenjang S1 dan S2 di universitas favorit di Indonesia.

Setelah resmi diluncurkan pada 8 Agustus 2022 di Universitas Tarumanegara, kamu para siswa dan siswi Indonesia bisa mendaftar program ini hingga 2 November 2022 di laman www.osc.medcom.id.

Tahun ini, OSC berkolaborasi dengan 27 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyiapkan 539 beasiswa jenjang S1. Kolaborasi ini diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi untuk menfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Adanya akses pendidikan yang sama di berbagai wilayah di Indonesia ini akan melahirkan SDM yang unggul dan Indonesia maju.

Inilah 27 kampus penyedia beasiswa OSC 2022. Catat ya, Millens!

  1. Universitas Mercu Buana
  2. Universitas Multimedia Nusantara
  3. Universitas Tarumanegara
  4. Universitas Trisakti
  5. President University
  6. Universitas Al-Azhar Indonesia
  7. Universitas Bunda Mulia
  8. Universitas Esa Unggul
  9. Universitas Pembangunan Jaya
  10. Institut Teknologi Nasional (ITENAS)
  11. Universitas Kristen Maranatha
  12. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  13. Universitas Stikubank Semarang
  14. Universitas Satya Wacana
  15. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  16. Universitas Kristen Duta Wacana
  17. Universitas Gajayana
  18. Universitas Islam Malang
  19. Universitas Ciputra
  20. Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS)
  21. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  22. Universitas Muslim Indonesia
  23. Universitas Fajar
  24. Universitas Andalas
  25. Universitas Bandar Lampung
  26. Universitas Muhammadiyah Sumatera
  27. Universitas Islam Indonesia

Buat kamu yang lagi berburu beasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi, nggak ada salahnya berpartisipasi dalam seleksi program OSC ini, Millens.

Selamat mencoba dan semoga beruntung, ya! (Siti Khatijah/E05)