Penasaran Kamu Diblokir di Whatsapp atau Nggak? Begini Cara Mengeceknya

Penasaran Kamu Diblokir di Whatsapp atau Nggak? Begini Cara Mengeceknya
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan kalau penasaran apakah seseorang melakukan blokir pada nomormu di Whatsapp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang yang curiga dan penasaran apakah mereka diblokir di Whatsapp atau nggak. Kalau kamu juga ingin mengeceknya, yuk simak cara-cara berikut ini.

Inibaru.id – Whatsapp kini menjadi salah satu media komunikasi terpopuler di Indonesia. Mulai dari urusan keluarga, percintaan, hingga bisnis, semua bisa dibicarakan di aplikasi asal Amerika Serikat ini. Seperti aplikasi lain, Whatsapp juga memiliki fitur untuk memblokir orang, lo. Jika kamu penasaran siapa saja orang yang memblokir kamu, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk mengetahuinya.

Cek Foto Profil

Foto profil nggak akan terlihat di kontak yang diblokir. (Quora)<br>
Foto profil nggak akan terlihat di kontak yang diblokir. (Quora)

Kamu nggak akan bisa melihat foto profil orang yang memblokirmu. Biasanya, foto orang itu nggak terlihat meski sudah diperbarui berkali-kali. Namunm ini nggak selalu berarti kamu diblokir ya. Bisa jadi orang itu memang nggak memasang foto untuk profilnya. Ada juga orang yang nggak mau foto profilnya diketahui banyak orang sehingga membatasi siapa saja yang bisa melihatnya.

Cek “Terakhir Dilihat”

Fitur ">
Fitur "terakhir dilihat" menunjukkan waktu yang lama bisa jadi pertanda kamu diblokir. (Wikihow)

Cara lain untuk memastikan apakah kamu diblokir adalah mengecek kapan terakhir kali orang itu membuka Whatsapp. Jika nggak bisa dilihat atau bisa dilihat namun waktunya sudah sangat lama, mungkin kamu memang diblokir. Meski begitu, ini juga bisa berarti orang itu nggak mengaktifkan keterangan “terakhir dilihat” di pengaturan akunnya. Jadi, jangan buru-buru baper, ya!

Kirim Pesan

Tanda centang satu juga menunjukkan pesanmu nggak diterima nomor tujuan. (Quora)<br>
Tanda centang satu juga menunjukkan pesanmu nggak diterima nomor tujuan. (Quora)

Cara untuk memastikan berikutnya adalah dengan mencoba mengirim pesan pada nomor orang yang memblokirmu. Jika yang muncul hanya centang satu, orang itu besar kemungkinan memblokirmu. Semua pesan yang kamu kirim nggak akan terbaca olehnya. 

Lakukan Panggilan

Telepon yang nggak kunjung tersambung bisa jadi menunjukkan kamu diblokir. (Kompas)<br>
Telepon yang nggak kunjung tersambung bisa jadi menunjukkan kamu diblokir. (Kompas)

Masih belum yakin? Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah meneleponnya. Jika panggilan itu menunjukkan status “calling” hingga lebih dari tiga puluh detik, berarti si penelepon memang diblokir. Sebaliknya, layar penelepon yang nggak diblokir akan menunjukkan status “ringing” dan tersambung dengan penerima telepon.

Masukkan Nomor ke Grup

Cobalah undang nomor yang kamu sedang kamu cek. (ytimg)<br>
Cobalah undang nomor yang kamu sedang kamu cek. (ytimg)

Selain cara-cara tadi, kamu juga bisa mengecek dengan memasukkan nomor orang itu ke grup. Jika kontaknya nggak bisa dimasukkan, hm, ini juga bukti bahwa kamu memang diblokir.

Cek dengan Nomor Whatsapp Lain

Cek nomor yang kamu pengin tahu melalui akun Whatsapp temanmu. (Shutterstock)<br>
Cek nomor yang kamu pengin tahu melalui akun Whatsapp temanmu. (Shutterstock)

Masih penasaran? Cobalah masukkan kontak orang yang memblokirmu ke nomor Whatsapp lain. Jika foto profil dan statusnya terlihat di akun Whatsapp orang lain, berarti dia memang memblokirmu, Millens.

Jika kamu bersikukuh masih pengin menghubungi orang itu, kamu bisa menggunakan layanan SMS atau menelepon langsung ke nomornya. Hanya, terkadang hal ini justru membuat masalah menjadi lebih rumit, lo.

Diblokir kadang-kadang memang menyakitkan, Millens. Kalau kamu juga mengalaimnya, ini juga bisa menjadi tanda bagimu untuk melakukan introspeksi diri.  (Bri/IB15/E07)