4 Karakter Pemilih Milenial, Kamu yang Mana?

Pemilih milenial memiliki beragam karakter. Masing-masing karakter mempengaruhi bagaimana mereka menetapkan pilihan politiknya.

4 Karakter Pemilih Milenial, Kamu yang Mana?
Pemilih milenial punya karakter tersendiri. (Instagram/kpu_ri)

Inibaru.id - Berbagai macam kampanye kekinian dilakukan dengan maksud agar kaum milenial tertarik untuk memilih di pemilu nanti. Terlepas dari itu, ternyata milenial memiliki karakter yang beragam.

Tim Peneliti dari Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP UI) telah melakukan penelitian terhadap milenial di 4 kota antara lain, Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Dilansir dari laman resmi UI, penelitian tersebut menghasilkan 4 profil pemilih milenial.

Doubtfulness

Doubtfulness adalah pemilih yang masih galau. Mereka inilah yang sering disebut swing voter. Tipe yang mudah dipengaruhi maupun belum sadar akan politik. Nah, karakter seperti inilah yang akan menjadi sasaran empuk para kandidat, Millens.

Open minded

Open minded adalah pemilih milenial yang sudah melek politik. Biasanya mereka sudah menentukan kepada siapa pilihan politiknya berlabuh. Nggak jarang mereka terlibat kampanye salah satu kandidat.

Modest

Mereka pemilih milenial yang cenderung mengikuti apa yang orang-orang dekatnya pilih. Kalau kamu memilih salah satu paslon atau partai karena orang tuamu milih mereka, kamu termasuk karakter modest.

Apatethic

Karakter terakhir adalah apatethic (apatis). Mereka bukannya buta politik tapi memang memutuskan nggak peduli. Sebagian dari mereka pesimis pemilu bisa membuat keadaan lebih baik.

Kamu tipe yang mana, Millens? (IB28/E05)