Pembangunan Venue PON XX di Papua Dikebut

Pembangunan <em>Venue</em> PON XX di Papua Dikebut
Venue PON XX di Papua (Twitter/naivee)

Empat proyek pembangunan venue PON XX 2020 di Papua sedang dikebut. Seperti apa perkembangan pembangunannya?

Inibaru.id – Demi memastikan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020 berjalan dengan lancar, proses pembangunan empat arena olahraga di provinsi paling timur di Indonesia ini sedang dikebut. Empat arena tersebut adalah arena aquatic serta Istora Papua Bangkit yang ada di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Sentani Timur; lapangan kriket; dan lapangan hoki indoor serta outdoor di Kompleks Olahraga Doyo Baru, Waibu.

Laman Kompas, Selasa (25/6/2019) menulis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku menggelontorkan dana sebesar Rp936,8 miliar demi memastikan proyek ini rampung.

Hingga saat ini, proses pembangunan Istora Papua Bangkit telah mencapai 25,3 persen, sedikit lebih cepat dari rencana 23,4 persen. Kini, prosesnya telah di tahapan pengecoran lantai kerja dan pembesian tie beam.

Stadion Papua Bangkit juga dilengkapi papan skor yang diimpor dari Italia, peralatan sistem waktu yang diimpor dari Swiss, dan dilengkapi dengan lampu LED yang sesuai dengan standar FIFA berkekuatan 1.800 Lux yang diimpor dari Jerman.

Proses pengerjaan yang digarap PT PP (Persero) ini memiliki nilai kontrak total Rp 257,5 miliar. Biaya lain berupa konsultan manajemen diketahui sebesar Rp 4,8 miliar, dan untuk pengawasan berkala menghabiskan Rp 1,4 miliar.

Sementara itu, proses pembangunan lapangan kriket dan hoki kini telah mencapai 13 persen. Pembangunan itu jauh lebih cepat dari rencana yakni 9,2 persen. Biaya pembangunan ini menghabiskan dana sebesar Rp 283,4 miliar.

Di lapangan kriket, masih berlangsung proses pengecoran pile cap. Di lapangan hoki indoor, masih berlangsung proses pengecoran borepile. Sementara itu, di lapangan hoki outdoor berlangsung pengecoran kolom beton. Khusus untuk konstruksi arena aquatic, ditargetkan bisa selesai pada Juli 2020. Arena aquatic ini disesuaikan dengan standar induk organsasi renang internasional, Federation Internationale de Natation (FINA).

Semoga semua venue bisa rampung tepat waktu sebelum PON XX yang berlangsung 20 Oktober- 2 November 2020, ya, Millens. (IB09/E04)