Pembangunan BTS di Natuna, Kominfo: Sebaiknya Dipercepat

Pembangunan BTS di Natuna, Kominfo: Sebaiknya Dipercepat
Ilustrasi: Menara BTS di Natuna. (RRI)

BAKT Kominfo berencana mendirikan 17 menara BTS di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Sembilan di antaranya sedang dalam proses pembangunan. Demi pemerataan jaringan internet, warga berharap pembangunan menara BTS ini dipercepat.

Inibaru.id – Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memang sangat signifikan. Dampaknya, kebutuhan internet juga semakin meningkat. Nah, demi mengakomodasi hal ini, pemerintah melalui Badan Aksesiblitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) pun mengusahakan penyebaran akses Internet di seluruh daerah di Indonesia.

Salah satu daerah yang mengalami peningkatan kebutuhan internet dengan signifikan adalah Kabupaten Natuna di Kepulauan Riau. Nah, demi memastikan kebutuhan internet ini tercukupi, Pemerintah Kabupaten Natuna pun meminta BAKTI Kominfo segera mempercepat pembangunan menara base transceiver station alias BTS.

“Kami membuat surat bupati yang ditujukan kepada BAKTI Kominfo untuk mempercepat (pembangunan BTS). Sebab anak sekolah butuh internet. Kami juga bekerja dari desa juga harus lancar ketika bekerja dari rumah,” ujar Kepala dinas Kominfo Kabupaten Natuna Raja Darmika, Senin (9/8/2021).

Jadi begini, Millens. Sejauh ini, BAKTI Kominfo bakal mendirikan 17 menara BTS. Sejauh ini sih sudah ada 9 menara yang sedang dibangun. Nah, Raja berhadap menara-menara BTS juga segera dibangun.

Salah satu menara BTS yang sedang dibangun itu berada di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna. Pembangunan ini baru sampai pada tahap pemasangan besi.

Sejumlah menara BTS di Natuna masih dalam tahap pembangunan. (Netralnews)
Sejumlah menara BTS di Natuna masih dalam tahap pembangunan. (Netralnews)

Proses pembangunan sempat terhambat lantaran pandemi serta pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak Juni 2021. Bahan-bahan material tersebut tertahan di Batam.

Warga Desa Penadah ternyata sudah nggak sabar mendapatkan jaringan internet yang lancar. Nggak hanya untuk bermain di dunia maya, internet ini dianggap bisa memudahkan kebutuhan sehari-hari mereka dan mengetahui kondisi daerah lainnya. Apalagi, selama ini mereka kesulitan karena jaringan internet yang nggak lancar.

“Seluruh kegiatan kami terhambat. Misalnya, pengiriman laporan tidak bisa dikirim,” keluh Kepala Desa Pengadah H Muhtar Harun.

Gara-gara hal ini, Muhtar pun sudah beberapa kali mendapatkan teguran dari pemerintah Kabupaten Natuna.

Jika nantinya pembangunan menara BTS segera diselesaikan, diharapkan berbagai masalah itu bisa segera diatasi. Selain itu, jika ada kondisi darurat seperti yang dialami nelayan di lautan, bisa segera ditangani dengan internet. Muhtar pun berharap nantinya dari sisi bisnis, pendidikan, maupun kegiatan sosial, desanya bisa mengalami peningkatan.

Semoga saja pembangunan menara BTS di Natuna bisa segera diselesaikan BAKTI Kominfo ya, Millens. (Med/IB09/E05)