Pembalap Pengganti Rossi Ini Akui Berdarah Indonesia

Michael van der Mark memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Ambon

Pembalap Pengganti Rossi Ini Akui Berdarah Indonesia
Michael van der Mark (Asphalt and Rubber)

Inibaru.id – Meskipun belum sekalipun mencicipi balapan kelas MotoGP, nama Michael van der Mark sempat naik daun di dunia balapan roda dua. Itu karena penunjukan pembalap berusia 24 tahun dari Belanda ini sebagai pengganti Valentino Rossi yang sempat diprediksi harus absen lama setelah melakukan operasi patah kaki.

Saat itu, tim Yamaha memang sempat meminta Van der Mark untuk menggantikan Rossi di ajang MotoGP di Sirkuit Aragon yang dilangsungkan pada 24 September. Sayangnya, impiannya untuk melakukan debut di kelas paling tinggi balapan roda dua ini akhirnya pupus setelah Rossi memaksakan diri untuk tetap turun di sirkuit yang ada di negara Spanyol tersebut.

Baca juga:
Bikin Bangga! Paralayang Indonesia Raih Juara Dunia
Tak Hanya Choirul Huda, Pemain Sepak Bola Ini Juga Meregang Nyawa Saat Bertanding

Meskipun tidak berhasil membalap, Van der Mark ternyata sempat menarik perhatian publik, khususnya masyarakat Indonesia karena mengaku sebagai keturunan Indonesia melalui akun Instagram-nya.

“Mendapatkan banyak pertanyaan soal Insta story saya sejak beberapa hari lalu. Ya saya memiliki darah Indonesia! Nenek saya dari Ambon, ibu saya 50 persen orang Indonesia. Itu mengapa saya suka masakan Indonesia #selamatmakan #Semoga Tuhan Memberkati Kamu,” tulis sang pembalap di postingan Instagram-nya sebagaimana dikutip dari Liputan6 (10/10).

Status Van der Mark sebagai pria kelahiran Belanda namun memiliki darah Indonesia sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat ikatan sejarah yang sangat erat dari kedua negara ini. Tak hanya van der Mark, beberapa olahragawan terkemuka dari Belanda seperti John Heitinga dan Giovanni van Bronchorst juga mengaku jika mereka memilliki darah Indonesia.

Meskipun tidak bisa tampil di ajang MotoGP, Van der Mark mengaku tidak kecewa karena sudah menduga bahwa The Doctor pasti akan berusaha sekuat tenaga agar tetap bisa membalap.

Baca juga:
Pertolongan Pertama Choirul Huda sebelum Meninggal Menjadi Sorotan Warganet
Lewat Gala Siswa, Anak-Anak Indonesia Bisa Bermimpi untuk Bertanding di Piala Dunia

“Jujur, saya tahu Valentino akan berjuang sebelum akhir pekan. Saya selalu mengingat bahwa ada kesempatan baginya untuk balapan. Saya juga tidak benar-benar fokus. Saya selalu berpikir untuk menunggu dan melihat,” tutur Van der Mark.

Van der Mark dan rekan setimnya, Alex Lowes masih berlaga di ajang World Superbike (WSBK) 2017. Meskipun penampilannya tidak sebaik Lowes, Van der Mark masih menjadi pembalap yang bersaing di papan atas klasemen dan kini menduduki peringkat enam setelah mengumpulkan 189 poin. (AW/SA)