Upaya Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Ungaran Terus Dilakukan

Kebakaran di Gunung Ungaran terjadi sejak Minggu (7/10/2018) dan api masih belum bisa dipadamkan hingga sore hari. Karena terkendala waktu, proses pemadaman dilanjutkan hari ini.

Upaya Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Ungaran Terus Dilakukan
Kebakaran di Gunung Ungaran. (BPBD Semarang)

Inibaru.id – Sebagian hutan di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang terbakar sejak Minggu (7/10/2018) pukul 09.40 WIB. Hingga Minggu (7/10) sore, api belum bisa dipadamkan petugas gabungan yang berasal dari Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang dan Kesatuan Pemangku Hutan.

Karena pelbagai keterbatasan yang ada, petugas memutuskan untuk melanjutkan proses pemadaman pada Senin (8/10).

“Petugas di kawasan puncak sampai jam 17.30 lalu memutuskan untuk melanjutkan pemadaman besok. Alasan berhentinya proses pemadaman karena faktor cuaca,” terang Kepala Humas BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto.

Merdeka.com, Senin (8/10) menulis,Heru menyebut sudah ada 48 orang yang berusaha memadamkan api.

“Kita sudah cek lokasi bersama relawan. Ada 48 orang yang sudah berusaha memadamkan lahan yang terbakar dari Perhutani, Solidaritas Anak Kluwihan Peduli Alam (Sakpala), LMDH Ardi Sidomukti, dan BPBD Kabupaten Semarang. Hanya saja, karena keterbatasan dan kendala waktu, upaya pemadaman baru bisa dilakukan secara manual,” ungkap Heru.

Dia menduga kebakaran ini disebabkan aksi bersih-bersih lahan yang dilakukan warga. Namun, karena angin di kawasan Gunung Ungaran cukup kencang, api semakin membesar dan merembet ke lahan lainnya.

“Dugaan awal ada yang membakar sampah. Api kemudian semakin membesar,” tambahnya.

Saat ada laporan tentang kebakaran hutan dari petugas Perhutani, Heru dan sejumlah relawan mengaku langsung melakukan pengecekan lokasi dengan cara melakukan pendakian.

“Kebakaran terjadi di petak 6.A1 RPH Lempuyangan. Wilayah ini masuk Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Di sana banyak semak belukar. Karena cuaca sedang kemarau dan kering, semak ini mudah terbakar,” jelas Heru.

Duh, setelah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, kini Gunung Ungaran yang kebakaran. Semoga si Jago Merah segera dipadamkan agar tidak merembet ke lahan lain, ya, Millens. (IB09/E04)