Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong Belajar Islam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong Belajar Islam
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong belajar Islam. (Medcom/Dok PSSI)

Media Korea mengabarkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong belajar Islam. Dia bahkan mempelajari budaya Islam sejak mulai ditunjuk jadi pelatih Timnas pada akhir 2019 lalu. Apa alasannya?

Inibaru.id – Pelatih Timnas Shin Tae-Yong berhasil menyatukan kaum penggila sepak bola dan kaum penggemar K-pop di Indonesia. Orang Indonesia pun sangat menghargai kinerjanya yang mampu meningkatkan performa Timnas. Belakangan ada kabar kalau Shin Tae-yong belajar Islam. Beneran?

Isu kalau Shin Tae-yong bakal jadi mualaf pun menyeruak. Eits, ternyata ada alasan lain yang membuat Coach Sin belajar Islam, dan hal ini pun terkait dengan caranya melatih Timnas.

Dilansir dari media Negeri Ginseng Sportal Korea, Shin Tae-yong bercerita kalau sejak ditunjuk jadi pelatih Timnas Indonesia, dia memang sengaja mempelajari Islam sehingga bisa tahu apa saja ritual keagamaan yang dilakukan para pemain Timnas. Dengan mengetahuinya, maka program kepelatihan yang Shin Tae-yong buat nggak akan mengganggu waktu ibadah Timnas.

“Sejak awal saya berusaha memahami budaya Islam. Saya bertanya ke seorang dokter di Jakarta soal hal ini. Dia menceritakan soal agama Islam sekitar tiga jam ke saya,” ungkap Shin sebagaimana diungkap Sportal Korea.

Penjelasan sang dokter sangat membantunya. Coach Shin jadi tahu soal waktu ibadah lima waktu dan berbagai hal lainnya.

“Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk menghormati waktu mereka beribadah,” lanjutnya.

Dengan mengenal budaya Islam, Shin Tae-yong bisa membuat program kepelatihan yang tidak mengganggu waktu ibadah pemain Timnas Indonesia. (Media Indonesia/Antara)
Dengan mengenal budaya Islam, Shin Tae-yong bisa membuat program kepelatihan yang tidak mengganggu waktu ibadah pemain Timnas Indonesia. (Media Indonesia/Antara)

Sudah Menjadi Pelatih Timnas Sejak Akhir 2019

Nggak terasa, Shin Tae-yong sudah cukup lama menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dia seperti masih baru di sini. Padahal, Coach Shin diperkenalkan sebagai pelatih baru timnas pada Sabtu (29/12/2019) di Stadion Pakansari.

Sebelum diresmikan jadi pelatih, Coach Shin sempat mengunjungi Korean Culture Center yang ada di Jakarta. Kalau menurut media Korea Selatan lain, Yonhap, dia sudah belajar tentang budaya Indonesia dan Islam di sini untuk memahami karakter pemain Indonesia dengan lebih baik sejak 8 Desember 2019.

Sejumlah pertanyaan menggelitik dia lontarkan seperti apakah pemain sepak bola berpuasa selama Ramadan, atau apakah boleh hanya salat dua kali sehari dari seharusnya lima waktu.

Meski nggak berhasil membawa Timnas Indonesia jadi juara Piala AFF 2020, banyak penggemar sepak bola Indonesia yang memuji progress dari para pemain Timnas. Apalagi, Timnas bahkan nggak diunggulkan untuk lolos fase grup. Namun, realitanya, Timnas malah mencapai babak final dan kalah dari tim yang memang dikenal sudah berada di level yang lebih baik dari Indonesia, yakni Thailand.

Menarik juga ya metode kepelatihan Shin Tae-yong, Millens. Sampai belajar Islam segala demi memahami karakter pemainnya. (Oke/IB09/E05)