Pelaksanaan UTBK 2020 Dimajukan Akhir 2019?

Pelaksanaan UTBK 2020 Dimajukan Akhir 2019?
Ilustrasi ujian. (Medcom/Bary Fathahillah)

Kemenristekdikti berencana memajukan tes masuk PTN 2020 menjadi pada akhir 2019. Rencana itu bakal diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Inibaru.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saat SBMPTN biasanya dilaksanakan usai para peserta dinyatakan lulus Ujian Nasional. Namun, pelaksanaan UTBK 2020 mendatang rencananya bakal dimajukan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekditi) berencana menggelar tes ini pada akhir 2019.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal Kemenristekditi Ainun Naim mengatakan pihaknya belum menentukan tanggal pasti pelaksanaan UTBK 2020.

“UTBK rencananya akan dimajukan, namun tanggalnya belum pasti. Rencananya akan dilaksanakan saat siswa SMA menginjak semester lima, sehingga semua siswa kelas 3 sudah mulai ikut seleksi,” ujar Ainun seperti ditulis laman CNN Indonesia, Kamis (15/8/2019).

Menurut Ainun, gelombang pada tes kemungkinan akan ditambahkan supaya siswa bisa mendapat lebih banyak kesempatan untuk diterima di PTN yang diinginkan. Sebagai informasi, UTBK 2019 lalu menyediakan dua gelombang bagi pendaftar.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan ujian ini nggak berpengaruh terhadap kompetensi murni meski dilakukan sebelum lulus. Dia juga mengatakan rencana ini masih akan terus dikaji.

“Kami masih akan terus mengkaji rencana ini. Kalau jadi dimajukan pasti TPA-nya hanya sampai materi kelas 2,” ungkapnya.

Menanggapi kabar ini, Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menyebut belum dapat memastikan kapan UTBK 2020 dapat dilaksanakan.

"Belum ada rencana akan menyelenggarakan kembali UTBK. Kemungkinan masih tahun depan," kata Ravik di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

Ravik juga mengatakan, pemajuan UTBK 2020 masih sebatas wacana. Menurut Ravik, para pihak terkait termasuk Kemenristekdikti dan LTMPT belum menyepakati apapun.

Tetap tenang ya, Millens. Tunggu kabar pasti mengenai pelaksanaan UTBK 2020. Eh, tapi nggak ada salahnya kok kalau kamu sudah menyiapkannya dari sekarang. (IB18/E04)