Pelabuhan Tanjung Emas Siapkan 17 Kapal untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

Pelabuhan Tanjung Emas Siapkan 17 Kapal untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik
Kapal menjadi salah satu moda transportasi favorit saat mudik. (Kupang.tribunnews.com)

Terlepas dari moda transportasi darat dan udara, trasportasi laut ternyata masih jadi primadona. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah siapkan 17 kapal buatmu yang ingin mudik.

Inibaru.id - Menjelang lebaran, moda transportasi laut masih diminati. Total ada 17 kapal yang akan dikerahkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang yang tiga diantaranya adalah kapal untuk mudik gratis.

Ahmad Wahid, Kepala KSOP Tanjung Emas mengatakan bahwa 17 armada kapal tersebut akan mulai beroperasi mulai Kamis (30/5). Bahkan menteri perhubungan sudah mengecek kesiapan armada. Dia juga mengatakan bahwa angka pemudik gratis sekitar 12.000 yang akan mampu ditampung oleh armada kapalnya. Rute perjalanan mudik gratis yaitu dari Jakarta – Semarang. Sedangkan tujuan lain akan dilayani secara tentatif.

Arus mudik kemungkinan akan mulai dirasakan pada H-7 lebaran. Wahid memperkirakan angka pemudik tahun ini akan meningkat 10-15 persen dibanding pemudik tahun kemarin yang mencapai 78.000 penumpang.

Untuk menjamin keselamatan pemudik, Djoko Soetijowarno , Pakar Transportasi Unika Soegijapranata menyarankan agar Kementrian Perhubungan ramp check pada bus yang akan dipakai untuk mengangkut pemudik. Dia juga memperingatkan pemudik yang menggunakan sepeda motor agar tetap hati-hati di jalan.

Buatmu yang mau mudik dengan transportasi apapun, tetap hati-hati di jalan ya, Millens! (IB27/E05)