Pekerjaan Ini Diprediksi Hilang pada 2022, Profesi Kamu Jugakah?

Pekerjaan Ini Diprediksi Hilang pada 2022, Profesi Kamu Jugakah?
Banyak pekerjaan, termasuk pekerjaan kantoran yang diperkirakan bakal lenyap pada 2020. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejumlah profesi diperkirakan akan diganti oleh teknologi pada 2022. Kira-kira, profesi kamu juga bakal hilang nggak nih, Millens?

Inibaru.id – Perkembangan teknologi yang sangat cepat semenjak pergantian milenium mengubah banyak hal, termasuk dalam hal pekerjaan. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat semakin banyak aktivitas dilakukan secara daring, diperkirakan akan ada banyak pekerjaan yang hilang pada 2022 mendatang.

Hal ini diungkap oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dalam tayangan virtual pada Senin (14/9/2020). Dia menyebut 75 juta pekerjaan diperkirakan bakal lenyap karena nggak lagi dibutuhkan pada 2022.

“Ada ancaman pekerjaan yang hilang. Perkiraannya sampai 75 juta. Di bidang pekerjaan rutin, transaksional, administratif, yang bisa diganti dengan teknologi,” ucap Alex.

Banyak profesi yang digantikan oleh teknologi. (Inibaru.id/Audrian F)
Banyak profesi yang digantikan oleh teknologi. (Inibaru.id/Audrian F)

Pekerjaan-pekerjaan yang diprediksi akan terhapus dari muka bumi adalah Data Entry, Customer Service (CS), pekerja pabrik, khususnya di bidang perakitan, akuntan, administrasi, dan sekretaris. Di bidang layanan bisnis, posisi seperti manajer administrasi, auditor, manajer operasi, pegawai pos, hingga pengecek stok barang juga akan hilang.

“Sebelumnya kan kita mengalami hilangnya banyak pekerjaan di Jasa Marga. Contohnya di gardu tol, udah nggak ada lagi pengumpul tiket tol dan lain-lain karena diganti teknologi,” terang Alex.

Meski ada banyak pekerjaan yang hilang, Alex juga optimis akan muncul 133 pekerjaan baru pada 2022. Dia pun menyarankan perusahaan dan BUMN beradaptasi dengan perubahan zaman demi memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru.

Pandemi Covid-19 turut mempengaruhi lenyapnya sejumlah profesi. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)
Pandemi Covid-19 turut mempengaruhi lenyapnya sejumlah profesi. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)

Sementara itu, media Australia ABC menyebut jika pandemi Covid-19 mereda, ada beberapa profesi yang akan hilang seperti manajer level menengah. Apalagi kini banyak perusahaan yang melakukan perampingan dan menyasar posisi tersebut sebagai korban.

“Selain manajer level menengah, nantinya orang-orang di sektor jasa keuangan, konsultan, pekerjaan administrasi swasta, juga banyak yang akan kehilangan pekerjaannya,” terang konsultan dari Martin North, Wendy Robertson.

Perkembangan zaman memang nggak bisa dilawan, ya Millens. Mau nggak mau kita harus beradaptasi agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Apakah profesimu juga masuk dalam daftar pekerjaan yang diperkirakan akan hilang pada 2022? Kalau iya, siap-siap untuk beralih profesi atau belajar hal-hal baru ya, Millens? (Lin/IB09/E05)