Peduli akan Pemerataan Pendidikan, <em>Medcom.id</em> Luncurkan <em>Drive for Edu</em>
Direktur Content dan Produksi Medcom.id Abdul Kohar (tengah) meresmikan program donasi Drive for Edu. (Medcom)

Peduli akan Pemerataan Pendidikan, Medcom.id Luncurkan Drive for Edu

Setelah sukses dengan Beasiswa Online Competition-nya atau yang disingkat dengan OSC, Medcom.id kembali menciptakan program berbasis pendidikan bernama Drive for Edu.

Inibaru.id - Guna membantu masyarakat menyalurkan donasi untuk dunia pendidikan, portal berita dan video Medcom.id meluncurkan program donasi pendidikan Drive for Edu Kamis, (2/5/2019) di Kantor Medcom.id, Jalan Pilar Mas Raya, Kedoya Selatan, Jakarta Barat. 

Drive for Edu terinspirasi dari suksesnya program Beasiswa Online Competition (OSC) yang telah berjalan sejak 2015. Program yang dicanangkan yakni menghimpun dan menyalurkan donasi yang akan digunakan untuk pemerataan pendidikan Indonesia.

“Program ini kami buat, berangkat dari realitas dengan masih banyaknya sekolah-sekolah di Tanah Air yang kondisi fisiknya rusak. Apalagi sebagian tempatnya tidak jauh dari ibukota,” ujar Direktur Content dan Produksi Medcom.id Abdul Kohar, Kamis (2/5).

Kohar juga menambahkan, banyak kelompok masyarakat, baik individual maupun komunitas yang memiliki kemampuan finansial yang cukup serta niat yang besar pada dunia pendidikan, namun belum tahu mau mengarahkannya ke mana.

Donasi pertama dibuka mulai 6 Mei-11 Juni 2019. Di tahap ini Drive for Edu akan mengalamatkan bantuan pada dua sekolah di Banten, Jawa Barat, yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathla'ul Anwar, dan SD Negeri 1 Datarace, Lebak, Banten Jawa Barat.

Tim Drive for Edu siap bergerak untuk menyalurkan donasi ke sekolah-sekolah yang butuh bantuan. (Medcom)

Tim Drive for Edu telah melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan sekolah tersebut tepat menerima bantuan. Di MTs Mathla'ul Anwar misalnya, tim mendapati pembangunan di sana tersendat karena kekurangan dana. Sekolah ini bertahan hanya dengan empat ruang kelas serta fasilitas seadanya. Miris banget ya, Millens.

Di SD Negeri 1 Datarcae, Lebak Banten, kondisi sekolah lebih parah lagi. Berdiri sejak 1976, sekolah ini sudah mengalami banyak kerusakan di sana-sini.  Kayu-kayu penyangga lapuk dan menyebabkan satu atap kelas sempat ambruk.

Saat diresmikan, program Drive for Edu ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Naisonal (Hardiknas) 2019. Tapi pembukaan rekening donasi akan dimulai Senin, (6/5) nanti.

“Ingat pendidikan merupakan saka guru peradaban. Majunya Pendidikan termasuk prasarananya, menjadi syarat mutlak kemajuan bangsa. Dengan memajukan pendidikan, maka kita juga ikut memajukan kemanusiaan,” pungkas Kohar.

Jadi, buat kamu yang mau memberikan bantuan langsung untuk pemerataan pendidikan di Indonesia, bisa banget berpartisipasi. Yuk sisihkan sedikit rezekimu. (IB28/E05)