Pebaiki Saluran Drainase dan Siapkan Pompa, Pemerintah Kota Semarang Siap Hadapi Musim Hujan

Pebaiki Saluran Drainase dan Siapkan Pompa, Pemerintah Kota Semarang Siap Hadapi Musim Hujan
Mochamad Hisyam Ashari berbincang dengan peserta diskusi Problematika Banjir dan Rob di Universitas Kristen Soegija Pranata, Selasa (1/10). (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Pemerintah Kota Semarang telah bersiap menghadapi musim penghujan. Dinas Pekerjaan Umum mengaku telah melakukan pembersihan saluran drainase dan menyiapkan pompa di beberapa titik. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk bijak mengelola sampah.

Inibaru.id - Meski hingga hari ini Kota Semarang masih terasa banget panasnya, tapi diprediksi akan segera memasuki musim penghujan November nanti. Nah, sebagai salah satu kota langganan banjir, Pemerintah Kota Semarang telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Hal ini disampaikan oleh Mochamad Hisyam Ashari, Kepala Seksi Pengelolaan dan pengembangan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

Menurutnya, DPU Kota Semarang telah memelihara kebersihan dan menyediakan infrastruktur sebagai upaya pencegahan banjir.” Dari segi pengadaan alat, hampir semua rumah pompa dan pompa sudah kita siapkan,” katanya, Selasa (1/10).

Pihaknya mengaku telah mempersiapkan pompa di semua wilayah di Kota Semarang. “Sistem pompa air di semua wilayah ada. Barat, timur, dan tengah,” tambahnya. Dia menyatakan pihaknya menitikberatkan perhatian pada wilayah Genuk bagian utara, Gayamsari bagian utara, dan Tugu bagian utara.

Penanganan banjir di bagian bawah dan atas Kota Semarang menurutnya punya konsep yang sama. Di bagian atas, embung dimanfaatkan untuk menampung aliran air agar nggak langsung mengalir ke bawah. Sedangkan di Kota Semarang bagian bawah, pompa masih menjadi andalan untuk mengendalikan banjir. “Untuk Semarang bagian bawah pompa masih menjadi andalan, karena jika dialirkan secara gravitasi kemiringannya sangat kurang memadai,” kata alumni Unika ini.

Selain tindakan penanganan, Hisyam mengaku DPU telah melakukan beberapa pencegahan seperti pembersihan serta pembangunan saluran drainase. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Selain fokus pada penanganan banjir, Dia juga menyampaikan beberapa hal yang sudah dikerjakan pihaknya dalam menghadapi musim penghuujan. Menurutnya, dari awal musim kemarau ini DPU telah bekerja keras untuk melakukan pengerukan di saluran drainase dan sungai. “Pengerukan sudah 80 persen sisanya kita genjot di bulan Oktober,” tambahnya.

Di samping itu, pembangunan jalan yang dilakukan juga dibarengi dengan pembangunan saluran drainase yang baru. Sehingga selain fokus memperbaiki jalan, fungsi saluran juga dimaksimalkan.

Meski kerja berat terkait kesiapan infrastruktur menjadi pekerjaan Pemerintah, tapi Hisyam juga mengajak masyarakat untuk bekerjasama dalam mencegah banjir dengan memperhatikan pembuangan sampah. “Kalau hujan lebat, saluran sudah tertutup sampah sehingga air akan meluap,” keluhnya.

Semoga musim penghujan kali ini nggak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat ya, Millens! Yuk bekerjasama cegah banjir dari sekarang! (Zulfa Anisah/E05)