Pastikan Kacamata Hitammu Penuhi Kriteria Ini

Pastikan Kacamata Hitammu Penuhi Kriteria Ini
Ilustrasi kacamata hitam. (Bukalapak)

Saat siang hari, kacamata hitam sangat diperlukan orang yang berpergian. Bila memenuhi kriteria tertentu, kacamata hitam dapat melindungi mata secara maksimal dari paparan sinar matahari.

Inibaru.id – Siang hari, sinar matahari makin terik. Bila kamu beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya lindungi kulit dan matamu dari terik matahari. Perlindungan kulit dari sinar matahari bisa dengan penggunaan tabir surya. Sementara itu, perlindungan mata bisa kamu peroleh dari pemakaian kacamata hitam.

Karena berfungsi sebagai pelindung mata, pemilihan kacamata hitam nggak boleh sembarangan. Kacamata hitam bisa maksimal melindungi matamu bila memenuhi kriteria berikut.

Memiliki Kadar 100 Persen UV Protection

Kacamata hitam yang berfungsi sebagai pelindung mata haruslah memiliki lapisan UV protection dengan kadar perlindungan 100 persen. Pastikan kacamata yang kamu pilih terdapat label 400 nm atau 100 persen UV Protection. 

Warna hitam nggak berarti dapat menghalangi sinar UV. Ini karena saat kamu memakai kacamata berlensa gelap, pupil akan terbuka lebih besar sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata juga lebih banyak. Ini berakibat bahaya bila kacamatamu tidak dilengkapi dengan UV Protection. Kamu justru membiarkan sinar UV masuk lebih dalam ke mata.

Pertimbangkan Bahan dan Jenis Lensa

Selain memastikan ada proteksi dari sinar UV, bahan lensa juga menentukan kenyamanan kacamata. Ada tiga jenis bahan lensa yang digunakan untuk kacamata hitam yakni Polycarbonate (lensa yang sangat tipis, paling ringan, dan paling kuat), CR-39 (terbuat dari plastik polimer, memiliki lapisan antigores, dan tahan terhadap bahan kimia), dan kaca (paling tahan gores, tetapi mudah pecah, dan lebih berat).

Selain itu ada juga jenis lensa polarized dan lensa photo-chromatic. Lensa polarized berfungsi untuk mengurangi efek silau, sedangkan lensa photo-chromatic akan mengubah cahaya terang menjadi lebih redup saat terpapar sinar UV. 

Komposisi Bingkai Kacamata

Bingkai kacamata juga berperan penting dalam memberikan pelindungan terhadap mata Kamu bebas memilih bahan apa saja yang sesuai dengan seleramu, seperti titanium, alumunium, plastik, serta beberapa bahan dasar lainnya. Perbedaan bahan itu terletak pada berat kacamata yang akan dibebankan di hidung dan telinga.

Kecocokan Ukuran

Kacamata yang baik adalah kacamata yang sesuai ukurannya dengan ukuran matamu. Selain cari kacamata yang sesuai bentuk wajah, carilah kacamata yang sesuai dengan bentuk mata. Kacamata yang sesuai bentuk mata dapat menghalangi sinar UV masuk ke mata.

Jadi, jangan sampai salah memilih kacamata hitam ya, Millens. Pastikan kacamata yang kamu pilih memenuhi kriteria tersebut demi memberi pelindungan maksimal terhadap mata. (IB07/E04)