Delapan Kios Pasar Manis Purwokerto Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

Delapan Kios Pasar Manis Purwokerto Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah
Kebakaran pasar. (Antara/Widodo S Jusuf)

Delapan kios sembako di Pasar Manis Purwokerto ludes terbakar pada Selasa (9/4/2019) pukul 04.30 WIB. Satu jam kemudian, api berhasil dijinakkan petugas pemadan kebakaran setempat.

Inibaru.id - Sebanyak delapan kios sembako yang ada di lantai 2 Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah dilahap si jago mereh pada Selasa (9/4/2019) pagi. Kebakaran ini membuat pengunjung pasar yang ada di lantai 1 panik. Beruntung, tidak ada korban jiwa dari kasus kebakaran tersebut.

Kompas.com, Selasa (9/4) menulis, belum ada aktivitas apapun di lantai 2 Pasar Manis sehingga tidak ada korban jiwa atau luka. Hanya saja, kebakaran ini menyebabkan pemilik kios mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah satu pemilik kios yang merugi Sarwijan, menyebut kebakaran terjadi setelah salat Subuh. Mengetahui hal itu, Sarwijan langsung bergegas ke pasar untuk menyelamatkan barang dagangannya. Nahas, hal itu sudah terlambat, kiosnya sudah ludes terbakar.

“Tadi habis subuh dapat kabar kalau ada delapan kios yang terbakar termasuk pasar saya. Kios milik saya habis, nggak ada barang yang bisa diselamatkan. Kemungkinan kerugiannya mencapai Rp 25 juta,” ucap Sarwijan.

Diduga Karena Korsleting Listrik

Sarwijan menduga kebakaran ini karena korsleting listrik. Hal ini karena listrik di salah satu kios yang dekat dengan kiosnya sering mati. Namun, kelistrikan di kios tersebut sebenarnya sudah diperbaiki.

“Kios paling ujung listriknya sering anjlok tapi sudah diperbaiki,” jelas Sarwijan.

Sementara itu, Komandan Regu 2 Pemadam Kebakaran Banyumas, Jawa Tengah Ali Zarmahsum menyebut dua unit mobil kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Api pun bisa dikendalikan sekitar pukul 05.30 WIB.

“Tadi pagi sekitar pukul 04.30 WIB ada ibu-ibu lewat di depan markas Damkar dan melaporkan Pasar Manis Kebakaran. Kami langsung meluncur dan satu jam kemudian api sudah bisa dipadamkan," kata Ali.

Hingga sekarang, Ali belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan memilih untuk menunggu hasil penyelidikan polisi.

Kasus-kasus kebakaran seperti ini sudah seharusnya bisa dicegah, terlebih penyebab kebakaran di pasar seringkali sama yakni korsleting listrik. Semoga kasus kebakaran seperti ini nggak terjadi lagi ya, Millens. (IB09/E04)