Pemprov Jateng Segera Bangun Pasar Induk Beras

Pemprov Jateng Segera Bangun Pasar Induk Beras
Pembangunan pasar induk beras Jawa Tengah akan direalisasikan. (Mediaindonesia.com)

Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membangun pasar induk beras bakal segera terealisasi. Pasar induk beras di Pantura rencananya dibangun di Gudang Bulog yang berlokasi di Tambakaji, Kota Semarang.

Inibaru.id – Demi memangkas rantai distribusi beras serta mengendalikan harga dan persediannya di pasaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah segera merealisasikan pembangunan pasar induk beras di Pantura. Rencana pembangunan pasar induk beras tersebut sudah disetujui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Saya sudah menyetujui pembangunan pasar induk beras. Nanti, pasar induk ini bisa diisi semua orang yang berjualan beras di Jawa Tengah, baik itu petani perorangan, kelompok tani, atau koperasi,” tutur Ganjar di Semarang seperti ditulis Antaranews.com, Selasa (2/10/2018).

Ganjar menyebut selama ini ada delapan perantara dalam pendistribusian beras di Jawa Tengah. Setiap perantara itu mengambil keuntungan sehingga harga beras yang dijual ke masyarakat cukup tinggi. Dengan adanya pasar induk beras, diharapkan petani bisa mendapatkan keuntungan lebih baik saat panen karena jalur distribusinya menjadi lebih ringkas.

Ganjar juga menyebut keberadaan pasar induk beras ini membuat pemantauan pasokan, kualitas, jenis, dan harga beras bisa dilakukan dengan lebih baik.

“Kontrol ini sangat penting demi mengatasi masalah fluktuasi harga atau kelangkaan beras,” lanjut Ganjar.

Berdasarkan rencana, Pemprov Jateng akan membangun pasar induk beras di gudang beras Bulog yang berlokasi di Tambakaji, Kota Semarang. Di lokasi dengan luas tanah sekitar tiga hektare ini, terdapat enam unit gudang dan tempat parkir yang luas. Selain itu, posisinya yang ada di jalur pantura juga dinilai lebih strategis.

Pasar induk beras ini nggak berupa deretan kios saja, tapi juga akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung seperti jembatan timbang, balai lelang, gudang, serta mesin pengemasan.

Semoga dengan keberadaan pasar induk beras ini petani bisa mendapatkan keuntungan lebih besar saat panen. Masyarakat pun bisa mendapatkan beras dengan harga yang terjangkau dan stabil ya, Millens. (IB09/E04)