Pasar Imlek Semawis 2018 Resmi Digelar di Semarang

Perayaan Imlek tinggal menghitung hari. Sejumlah acara pun mulai digelar, salah satunya Pasar Imlek Semawis 2018 yang diselenggarakan di Pecinan Kota Semarang sejak Senin (12/2/2018).

Pasar Imlek Semawis 2018 Resmi Digelar di Semarang
Acara pembukaan Pasar Imlek Semawis 2018. (Inibaru.id/Ida)

Inibaru.id – Pasar Imlek Semawis (PIS) 2018 resmi dibuka pada Senin (12/2/2018) malam. Acara tahunan yang diadakan Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata (Kopi Semawis) ini dibuka langsung Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Turut hadir dalam pembukaan Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti dan sejumlah tokoh lintas agama di Semarang.

Dalam sambutannya, Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi, mengatakan bahwa PIS merupakan simbol dari keberagaman Kota Semarang.

“Saya yakin keberagaman adalah kekuatan kita bersama. Inilah harmonisasi di Kota Semarang,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Baca juga:
Mengintip Sajian Tok Panjang pada Pasar Imlek Semawis 2018
Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida Resmi Head-to-head di Pilgub Jateng 2018

Pembukaan tersebut juga diikuti dengan peluncuran perangko khusus bertemakan Shio Anjing Tanah dari PT Pos Indonesia. Selain itu, ada pula peluncuran kartu tapcash edisi khusus Imlek dari BNI 46. Para tamu undangan juga dijamu dengan pelbagai menu "tok panjang" seusai pembukaan.

Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, acara yang digelar di sepanjang jalan Gang Pinggir Wotgandul Timur ini nggak sepenuhnya menutup lebar jalan. Hal ini didasarkan pada hasil musyawarah pihak penyelenggara dengan warga sekitar yang rumahnya dipakai untuk acara PIS.

“Hasil kesepakatannya begitu. Tahun ini Pasar Imlek Semawis hanya memakai separuh jalan saja untuk menghormati warga sekitar yang merasa kesulitan jika seluruh lebar jalan dipakai," ujar Ketua Kopi Semawis, Harjanto Halim.

Baca juga:
Makanan Khas Imlek dan Maknanya
Tanpa Kembang Api, Tahun Baru Imlek Solo Tetap Meriah

Pasar Imlek Semawis digelar selama tiga hari, yakni pada 12-14 Februari 2018. Beragam kuliner tersedia di "pasar" yang menyajikan aneka street food dan kuliner khas Pecinan Semarang tersebut. Selain itu, pengunjung juga bakal disuguhi dengan pelbagai pertunjukan, di antaranya atraksi wushu, drama musikal, dan wayang potehi.

Wah, Pasar Imlek Semawis sudah dibuka nih Millens. Yuk capcus ke sana. (IF/GIL)