Pasar Gajah Demak Kebakaran, 13 Kios Ludes

Pasar Gajah Demak Kebakaran, 13 Kios Ludes
Kebakaran Pasar Gajah, Demak. (BPBD)

Pasar Gajah, Demak, mengalami kebakaran. Setidaknya 13 kios habis dilalap si jago merah akibat hal ini.

Inibaru.id – Sebanyak 13 kios yang ada di Pasar Gajah, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah dilalap si jago merah pada Jumat (29/6/2019) sore.

Laman Antaranews, Jumat (29/6) menulis Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Demak Agus Nugroho menyebut kebakaran terjadi mulai pukul 16.30 WIB. Hanya saja, kebakaran baru dilaporkan 20 menit kemudian.

Titik api diperkirakan kali pertama muncul di kios yang ada di blok E. Setelah itu, api dengan cepat membakar kios-kios lainnya. Setelah mendapatkan laporan kebakaran, delapan unit mobil pemadam langsung diterjunkan. Tiga unit mobil didatangkan dari Demak, dua dari Kudus, tiga unit didatangkan dari BPBD dan sisanya didatangkan dari Pemadam Kebakaran Demak.

Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun,, belum jelas seberapa banyak kerugian material karena pemilik dari 13 kios yang terbakar masih melakukan perhitungan. Selain kios elektronik, kios yang terbakar adalah kios sembako, gerabah, mainan, kios kelapa, kios penjual jamu, dan warung nasi.

Petugas pasar menyebut kobaran api berawal dari kios elektronik dan mainan milik Zaenuri yang masih tutup. Api berkobar dengan cepat karena material kios yang mudah terbakar hingga merembet ke kios-kios yang ada di sebelahnya. Warga sekitar langsung berinisiatif melakukan pemadaman secara manual sembari menunggu kedatangan mobil pemadam.

Kebakaran juga sempat memicu kemacetan lalu lintas, khususnya yang ada di jalur Pantura Timur dari arah Kudus menuju Kota Semarang. Berkat kesigapan petugas kepolisian, arus lalu lintas bisa kembali berjalan dengan lancar.

Selalu berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik maupun saat menyalakan api agar tidak mudah memicu kebakaran, ya Millens? (IB09/E04)