Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam Hari

Pasar Beringharjo mulai dibuka hingga malam hari. Kini, pengunjung bisa bebas berbelanja di salah satu pusat belanja batik di Yogyakarta itu.

Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam Hari
Pasar Beringharjo, Yogyakarta. (Paketwisatajogja75.com)

Inibaru.id – Buat kamu yang suka jalan-jalan ke Yogyakarta dan borong batik di Pasar Pasar Beringharjo, ada kabar gembira nih, Millens! Salah satu pusat belanja batik terbesar di Kota Bakpia itu sekarang buka hingga malam hari, lo. Kebijakan teranyar ini telah diberlakukan sejak Rabu (11/4/2018).

Ditandai dengan bunyi sirine, jadwal baru Pasar Beringharjo dibuka langsung oleh Walikota Yogyakarta  Haryadi Suyuti yang didampingi Wakilnya, Heroe Poerwadi. Penetapan jadwal baru ini segera disambut meriah para pedagang. Pada hari itu, sekitar 60 persen dari 1.535 pedagang di pasar tersebut membuka toko mereka hingga malam. Mereka adalah 914 pedagang yang mendiami sisi atrium barat pasar.

“Pembukaan Pasar Beringharjo sampai malam ini karena desakan wisatawan yang sering kecele,” kata Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogya, seperti ditulis Tempo.co, Kamis (12/4).

Petugas UPT Pasar Beringharjo memasang running text di atas Gerbang Pasar Beringharjo, Rabu (11/4/2018). (Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi)

Program ini segera disambut para wisatawan dan warga setempat. Dengan antusias, mereka segera berhamburan masuk ke dalam pasar begitu program diresmikan.

Sebelum adanya aturan ini, Pasar Beringharjo tutup pukul 17.00 WIB. Nah, setelah kebijakan tersebut, pasar yang beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16 itu kini beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Wah, asyik nih! Kita jadi nggak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu ketika jalan-jalan dan berbelanja di pasar tersebut.

Lapak-lapak penjual batik di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Aturan ini tentu saja berpeluang meningkatkan omzet para pedagang di Pasar Beringharjo. Namun, kendati senang dengan kemungkinan tersebut, nggak sedikit pedagang yang malah kebingungan lantaran belum sempat menambah karyawan.

“Karyawan cuma sampai pukul 17.00 WIB, habis itu pulang,” tutur Ambar Yulianingsih, salah seorang pedagang, "Saya belum sempat cari karyawan baru yang jaga sampai malam."

Nah, untuk mengantisipasi pelbagai kemungkinan yang memberatkan pedagang, warga, atau bahkan wisatawan, pemkot Yogyakarta berencana menguji coba kebijakan ini terlebih dahulu. Nantinya tetap akan ada evaluasi untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang dirasakan warga Yogyakarta, pedagang, atau wisatawan.

Hm, seru nih! Jadi penasaran, gimana ya suasana Pasar Beringharjo pada malam hari? (IB08/E03)