Pantang Lemas! Ini Tips Tetap Fit Saat Bekerja Selama Bulan Puasa

Pantang Lemas! Ini Tips Tetap Fit Saat Bekerja Selama Bulan Puasa
Tetap fit bekerja saat bulan puasa? Bisa! (Pixabay/ StartupStockPhotos)

Tetap bekerja meski sedang puasa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Tapi, jangan jadikan puasa sebagai alasan buat bermalas-malasan ya, Millens!

Inibaru.id - Wajar kok kalau kamu kurang bersemangat saat bekerja di bulan puasa. Tapi bukan berarti selama berpuasa kamu nggak ngapa-ngapain. Bekerja justru bisa membuat puasa nggak begitu berat karena waktu terasa berjalan dengan cepat.

Biar kamu nggak mudah lemas selama bekerja di bulan puasa, sebaiknya menjaga kondisi tubuh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tips-tips berikut ini agar selalu fit.

1. Niat yang Kuat

Niat berpuasa (IStock)
Niat berpuasa (IStock)

Ya, kamu harus memiliki niat yang kuat untuk bekerja dengan semangat dan tetap optimal. Meski kamu nggak makan dan minum seharian, tetap bisa bekerja keras dan melakukan aktivitas lainnya hingga waktu berbuka tiba kok. Jangan kalah dengan rasa lemas, lapar, dan haus.

2. Porsi Makan Sahur yang Cukup

Hindari makanan berminyak berlebih ya <i>Millens</i>! (Pixabay/ StockSnap)
Hindari makanan berminyak berlebih ya Millens! (Pixabay/ StockSnap)

Sahur dan berbuka adalah saat yang tepat untuk mengisi energi kamu. Tapi, jangan menjadikannya ajang balas dendam karena seharian nggak makan ya. Ambillah porsi makan sahur secukupnya. Bukannya memberikan energi, makan berlebihan justru membuatmu mudah mengantuk dan lemas.

Pastikan makanan yang kamu konsumsi gizinya seimbang. Selain karbohidrat, protein dan serat juga wajib ada di menu makan sahurmu. Ini karena serat dapat membantu menahan rasa laparmu lebih lama. Serat bisa kamu dapatkan di buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Jam Tidur yang Teratur

Selain pola makan, pola tidur juga harus dijaga saat puasa. (Unsplash/ Shane)
Selain pola makan, pola tidur juga harus dijaga saat puasa. (Unsplash/ Shane)

Buat kamu yang punya kebiasaan tidur larut malam, inilah saatnya mengubah pola tidurmu. Tidurlah lebih awal saat bulan puasa, karena kamu juga akan bangun lebih awal untuk sahur.

Setelah sahur dan salat subuh, usahakan untuk nggak tidur lagi. Kalau tidur lagi, kamu bakal merasa nggak segar saat bangun. Isi saja waktu setelah subuh dengan beribadah atau refreshing.

4. Selingi Jam Kerjamu dengan Kegiatan Lain

Bekerja saat berpuasa (glints)
Bekerja saat berpuasa (glints)

Saat bulan puasa, kamu bisa memanfaatkan jam istirahatmu dengan melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan seperti membaca, beribadah, atau bahkan menonton drama favorit. Pilih aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan. Selain refreshing, kamu juga bisa memanfaatkan waktu buat tidur siang selama 20-30 menit.

5. Hindari Kafein di Bulan Puasa

Minum kopi di bulan puasa sebaiknya dibatasi (twitter.com/kopi_hunter)
Minum kopi di bulan puasa sebaiknya dibatasi (twitter.com/kopi_hunter)

Kafein memang bisa menjadi penambah energi kamu. Namun, mengonsumsi minuman berkafein di bulan puasa dapat melukai lambung dan membuatnya sakit. Jadi, selama sebulan ini skip dulu ya kopi dan tehnya. Kalau sulit meninggalkan, setidaknya kurangi porsinya.

6. Jaga Kesehatan Tubuh

Sempatkan waktu untuk berolahraga! (Pixabay/ StockSnap)
Sempatkan waktu untuk berolahraga! (Pixabay/ StockSnap)

Tubuhmu adalah milikmu sendiri. Maka penting bagi kamu untuk mengenali kapasitas tubuhmu sendiri. Hindari makanan yang nggak sehat dan kegiatan yang nggak perlu. Pastikan juga untuk selalu tidur cukup setiap malam. Kalau tubuhmu sehat, tentu kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan maksimal.

7. Rutin Beribadah

Beribadah di bulan puasa (Shutterstock)
Beribadah di bulan puasa (Shutterstock)

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang tepat untuk memperbaiki ritme ibadah kamu. Lakukan ibadah puasa, tarawih, dan ibadah lainnya dengan ikhlas ya. Dengan ibadah yang baik, pikiran akan menjadi lebih tenang.

Jadi, sudah nggak ada alasan lagi untuk lemas saat puasa ya, Millens. Selalu bersemangat untuk bekerja di bulan puasa! (Bri/MG27/E07)