Pantai Selatan Jawa Tengah Masih Rawan Gelombang Tinggi
Gelombang tinggi masih mengintai. (Instagram/bmkgjateng)

Pantai Selatan Jawa Tengah Masih Rawan Gelombang Tinggi

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di pantai selatan Jawa Tengah. Wilayah mana sajakah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi?

Inibaru.id – Dalam beberapa minggu terakhir, ombak di pantai selatan Pulau Jawa cenderung lebih tinggi dari biasanya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku dari Kamis (21/6/2019) pukul 07.00 WIB hingga Minggu (23/6) pukul 07.00 WIB.

Peringatan ini diunggah di akun Instagram @bmkgjateng. Dalam informasi ini, disebutkan terjadi pola sirkulasi angin di Laut Natuna dan pusat tekanan rendah di Samudra Pasifik sebelah utara Papua. Di Perairan Pulau Enggano hingga selatan Pulau Jawa terjadi kecepatan angin yang cukup tinggi.

Hal yang sama juga terjadi di perairan Pulau Sawu hingga Pulau Rote, Laut Timor, perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, perairan di antara Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, perairan di antara Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru, Laut Arafuru, dan Perairan Yos sudarso hingga Merauke.

Di perairan selatan Pulau Jawa seperti perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta, serta Samudera Hindia di bagian selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta berpotensi terjadi gelombang dengan tinggi 2,5 hingga 4 meter.

Selain masyarakat yang berada di pesisir pantai atau yang sedang berlibur di pantai, peringatan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran diberikan pada nelayan. Nelayan diimbau lebih waspada saat melaut mengingat kecepatan angin bisa melebihi 15 knot dengan gelombang lebih dari 1,25 meter.

Para nahkoda kapal juga diharap berhati-hati. Pada kapal tongkang, kecepatan angin bisa melebihi 16 knot dengan gelombang lebih dari 1,5 meter, sedangkan kapal ferry berkecepatan angin lebih dari 21 knot dengan gelombang lebih dari 2,5 meter. Sementara itu, kapal dengan ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar berkecepatan angin mencapai 27 knot dan gelombang bisa melebihi 4 meter.

Tetap berhati-hati dan waspada jika sedang melakukan kegiatan di pantai atau laut, ya Millens. (IB09/E04)