Tim Panjat Tebing Indonesia Borong Tiga Medali di Nomor Speed Climbing

Tim Panjat Tebing Indonesia Borong Tiga Medali di Nomor Speed Climbing
Arie Susanti Rahayu dan Puji Lestari saat menerima medali emas dan perak cabang panjat tebing Asian Games 2018.(AFP/Ade Berry)

Tim panjat tebing Indonesia borong tiga medali di Asian Games 2018. Satu di antaranya adalah medali emas.

Inibaru.id – Indonesia kembali menambah 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu melalui cabang olahraga panjat tebing nomor speed climbing. Kepastian mendapatkan medali emas bahkan didapat sebelum pertandingan final kategori putri dimulai karena semua finalis berasal dari Indonesia yakni Aries Susanti Rahayu dan Puji Lestari.

Pada pertandingan Kamis, (23/8/2018) Aries mengalahkan Song Yiling dan Puji mengandaskan perlawanan He Cuillan di babak semifinal. Kedua atlet Indonesia itu lantas bertemu di babak final.

Di babak final yang diadakan di Jakabaring Sport City, Aries yang dikenal luas dengan julukan “Spiderwoman” karena menjadi juara dunia panjat tebing yang diadakan di Tiongkok beberapa saat lalu ini memastikan diri menjadi juara setelah mencatatkan waktu 7,61 detik, unggul tipis dari Puji yang harus puas dengan medali perak dengan waktu 7,98 detik seperti ditulis Medcom.id, Kamis (23/8). Dengan demikian, Aries meraih emas, sedangkan Puji harus puas dengan raihan medali perak.

Sementara itu, di kategori putra, dua wakil Indonesia Aspar Jaelolo dan Sabri harus puas memperebutkan medali perunggu karena kalah di babak semifinal. Aspar kemudian menjadi juara ketiga karena Sabri didiskualifikasi akibat mencuri start.

Di babak final, atlet asal Iran Reza Ali Pour Shenazandi yang dijuluki “Persian Cheetah” mendapatkan medali emas setelah mengalahkan atlet Tiongkok Zhong Qixin. Sebagaimana Sabri, Zhong juga didiskualifikasi karena mencuri start. Hanya saja, Reza memilih untuk tetap memanjat karena ingin tetap dicatat waktunya saat bertanding di babak final.

Selain di panjat tebing, Indonesia juga menambah medali emas melalui cabang paralayang. Jafro Megawanto menjadi yang terbaik di nomor individu akurasi putra. Dengan tambahan dua emas itu, Indonesia kini untuk mengumpulkan delapan emas dan berada di peringkat ke-5 klasemen sementara Asian Games 18 hingga 23 Agustus 2018.

Selamat Aries, Puji, dan Aspar! Hm, julukan “Spiderwoman” memang sangat cocok disematkan bagi Aries ya, Millens. He-he (IB09/E04)