Mangkir dari Pemanggilan Kasus Dugaan Ijazah Palsu, Komar Empat Sekawan Dijemput Paksa Polisi
Komar Empat Sekawan ditangkap di kediamannya karena kasus pemalsuan ijazah. (tempo.co)

Mangkir dari Pemanggilan Kasus Dugaan Ijazah Palsu, Komar Empat Sekawan Dijemput Paksa Polisi

Pelawak kondang pendiri Empat Sekawan, Nurul Qomar atau populer dengan nama panggung Komar ditangkap di kediamannya setelah beberapa kali mangkir dari panggilan Polres Brebes. Dia ditangkap karena kasus pemalsuan ijazah yang dia gunakan untuk mencalonkan diri sebagai rektor di salah satu perguruan tinggi.

Inibaru.id - Komar "Empat Sekawan" ditangkap oleh Polres Brebes, Jateng dan ditahan sejak Senin (24/6) malam. Pria bernama asli Nurul Qomar ini tersandung kasus dugaan pemalsuan ijazah doktor dan masternya. Dia diduga memalsukan ijazah S-2 dan S-3 yang dia gunakan untuk mendaftar rektor Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (Umus).

Saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Triagung Suryomicho membenarkan penahanan pelawak kondang yang satu ini. Dia ditahan lantaran nggak pernah hadir dalam panggilan dari Kepolisian yang dilayangkan kepadanya.

"Yang bersangkutan kita tangkap di rumahnya karena tidak koperatif. Beberapa kali tidak hadir (saat pemanggilan), jadi kita tangkap," ujar Triagung pada Detik.com, Selasa (25/6).

Atas kasus ini, Komar dinilai melanggar Pasal 263 KUHP dan terancam hukuman 7 tahun penjara. Triagung menambahkan, Komar dilaporkan oleh Muhadi Setiabudhi terkait pemalsuan ijazah yang dia gunakan untuk  melengkapi berkas saat mencalonkan diri sebagai Rektor Umus. Menurutnya ijazah yang dipalsukan oleh Komar berasal dari salah satu universitas di Jakarta.

Selain aktif di bidang hiburan, pria ini juga merupakan mantan anggota DPR RI tahun 2009-2014. Di samping itu, Komar juga pernah mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Cirebon tahun 2013 lalu. Semoga nggak ada lagi kasus seperti ini ya. Kan kesian yang sudah capek-capek kuliah. (IB27/E05)