Paksinagaliman “Menangkan” Rita di Kontes Kecantikan Tertua Asia

Kostum bertemakan Kereta Kencana Kesultanan Cirebon menjadi kostum terbaik di ajang kecantikan pertama dan tertua di Asia.

Paksinagaliman “Menangkan” Rita di Kontes Kecantikan Tertua Asia
Rita Nurmaliza memamerkan kostum Paksinagaliman menjelang ajang Miss Asia Pacific International 2017. (Instagram/Rita Nurmaliza)

Inibaru.id – Malam penobatan Miss Asia Pacific International 2017 baru akan dilangsungkan 29 November 2017 mendatang di Pasay City, Metro Manila, Filipina. Kendati begitu, kontestan Indonesia sudah berhasil memenangkan dua kompetisi pendahulu dalam ajang ratu kecantikan tersebut.

Dilansir dari JPNN, Minggu (19/11/2017), Indonesia kembali menorehkan prestasi menggembirakan di kompetisi kecantikan internasional setelah kontestan Tanah Air, Rita Nurmaliza meraih hasil maksimal di dua kompetisi pembuka, yakni Best National Costume dan kontes bakat.

Rita dipastikan meraih gelar gaun nasional terbaik kontes kecantikan tertua di Asia itu setelah kostum yang dikenakannya memenangkan hati para juri. Ia berhasil menyisihkan seluruh kontestan dalam kontes yang digelar di The Loft di Manansala Tower, Makati City tersebut.

Baca juga:
Harmonisasi 6.000 Pemusik Angklung di Bandung
Ngunduh Mantu, Tujuh Kereta Kencana Plus Kusirnya Diboyong Jokowi ke Medan

Miss Earth Indonesia itu menjadi yang terbaik di ajang ini berkat kostum anggun yang diberi judul “Paksinagaliman”. Kostum tersebut terinspirasi dari Kereta Kencana Paksi Naga Liman yang menjadi kebanggaan warga Cirebon.

Kereta Kencana Paksi Naga Liman merupakan kereta pusaka yang dimiliki Kesultanan Kanoman Cirebon. Konon, kereta itu merupakan kendaraan utama Kerajaan Singhapura hingga masa Kesultanan Cirebon. Dari segi bentuk, kereta kencana ini menyerupai kendaraan perang Bhatara Indra.

Dalam akun Instagram-nya, Rita mengucapkan rasa syukurnya atas kemenangan itu. Tak lupa, gadis kelahiran Bengkalis, 17 Oktober 1995 juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak yang sudah menyediakan kostum nasional tersebut.

”Gaun Paksinagaliman ini sangat luar biasa. Terima kasih untuk tim luar biasa yang membantu saya melewati perjalanan ini. Dan untuk semua fan ratu kecantikan di Indonesia, terima kasih atas dukungannya. Terima kasih,” katanya.

Baca juga:
Nonton Dewi Sri Menanam Padi di Tanah Manusia Purba
Inilah Grand Master Baru Kita: Dewi Ardhiani Anastasia Citra

Sebelumnya, Rita berhasil menduduki posisi runner-up dalam kontes bakat. Saat itu dia menunjukkan kemampuan bernyanyi yang mampu memukau dewan juri.

Berlangsung di Johnny B Good-Makati di Glorietta 3 di Makati City, Filipina, Rita menduduki posisi kedua di bawah wakil dari Kepulauan Cook, Lydia Simonis-Tariu yang menarikan tarian Polinesia tradisional.

Dilansir The Inquirer, malam penobatan Miss Asia Pacific International 2017 akan berlangsung di Newport Performing Arts Theatre of Resorts World Manila di Pasay City pada 29 November mendatang. (OS/SA)