Paket Lebaran Sembako, Apa Saja yang Paling Dibutuhkan saat Idulfitri?

Paket Lebaran Sembako, Apa Saja yang Paling Dibutuhkan saat Idulfitri?
Paket Lebaran sembako yang dibutuhkan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu mau membuat paket lebaran sembako atau parcel sembako, sebaiknya pilih bahan-bahan ini, deh, Millens. Dijamin, bahan-bahan ini sangat dibutuhkan saat Idulfitri.

Inibaru.id – Salah satu barang yang bisa kita temukan di hari raya Idulfitri adalah paket lebaran sembako. Kalau kamu mau membuatnya untuk dibagikan ke orang lain, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah memasukkan sembako apa yang paling dibutuhkan saat Idulfitri.

Berikut adalah sembako-sembako yang sebaiknya ada di parcel lebaran sembako, Millens.

1.       Beras

Bahan makanan yang paling dibutuhkan orang Indonesia adalah beras. Tanpa beras yang nantinya diolah menjadi nasi, orang Indonesia belum merasa makan. Nah, mengingat Lebaran juga ada sesi makan-makannya, pasti beras bakal sangat dibutuhkan, Millens.

Beras. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Beras. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski begitu, kebutuhan sumber makanan pokok orang Indonesia nggak selalu sama. Sebagai contoh, di Indonesia Timur, banyak orang yang makan sagu. Beras pun bisa diganti dengan bahan makanan ini.

Meski begitu, sudah wajar kok kalau beras jadi bagian paket lebaran sembako. Jadi, kalau kamu membuat parsel sembako, yang ini nggak boleh kamu tinggalkan, ya Millens.

2.       Gula Pasir

Gula pasir. (Flickr/Gunilla G)
Gula pasir. (Flickr/Gunilla G)

Gula pasir nggak hanya dipakai untuk membuat minuman jadi manis, Millens. Realitanya, bahan ini sangat dibutuhkan saat memasak. Apalagi saat Lebaran. Menjelang hari raya, gula pasir pasti sering dipakai untuk membuat kue-kue yang akan disajikan nantinya.

Hal ini berarti, kalau kamu membuat parsel sembako, jangan lupa untuk menempatkan gula pasir di dalamnya, ya? Bakal sangat dibutuhkan, kok.

3.       Minyak Goreng serta Margarin

Minyak goreng. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Minyak goreng. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Minyak goreng bakal lebih banyak digunakan menjelang Lebaran. Bahan ini bakal dibutuhkan untuk menggoreng berbagai macam masakan. Akan tetapi, kamu juga bisa mengganti minyak goreng dengan margarin. Bahkan, bisa jadi margarin bakal lebih multifungsi dibandingkan dengan minyak goreng.

Nggak hanya bisa dipakai untuk menggoreng, margarin juga bisa dipakai untuk membuat kue atau bahan makanan lainnya. Jadi, kamu bisa deh menempatkannya di dalam parsel Lebaran yang kamu buat.

4.       Garam

Garam. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Garam. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Yang satu ini jelas sangat dibutuhkan untuk memasak atau membuat hidangan lainnya. Tanpa garam, rasa masakan tentu bakal kurang nikmat. Jadi, nggak ada salahnya deh kamu menempatkan garam di dalam paket Lebaran sembako yang kamu buat.

Meski begitu, pastikan untuk memilih garam beryodium, ya? Garam ini bisa memberikan banyak manfaat kok bagi kesehatan tubuh.

5.       Telur

Telur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Telur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Telur memang termasuk dalam sembako. Bahan makanan ini juga sangat dibutuhkan sebelum Lebaran. Apalagi jika kamu ingin membuat kue atau makanan jenis lainnya. Nah, kamu bisa kok menempatkannya jadi bagian parsel Lebaran yang kamu buat.

Hanya, pastikan telur ini dikemas dengan baik dan berada dalam posisi aman sehingga nggak bakal mudah pecah, ya, Millens?

Sembako lain seperti susu juga bisa kamu masukkan ke dalam paket Lebaran sembako, Millens. Namun, bahan-bahan seperti daging, sayur, dan buah-buahan mungkin sebaiknya kamu pertimbangkan ulang untuk dimasukkan ke dalam parsel. Bisa jadi, bahan-bahan makanan itu nggak segar begitu sampai di penerimanya. (Tok/IB09/E05)