Mau Tidur Lebih Pulas? Pakai Dulu Kaus Kakimu

Mau Tidur Lebih Pulas? Pakai Dulu Kaus Kakimu
Kaus kaki membuat tidur lebih nyenyak. (solusisehatku.com)

Tidurmu sering gak nyenyak? Coba deh pakai kaus kakimu untuk tidur. Selain digunakan untuk melindungi kaki saat menggunakan sepatu, kaus kaki juga bisa membuat tidurmu pulas, lo.

Inibaru.id - Pernah nggak sih kamu merasa susah tidur atau sering terbangun di malam hari? Jika iya kamu perlu bantuan sepasang kaus kaki. Yaps, kaus kaki yang kamu pakai saat tidur bakal membuat tidurmu nyenyak.

Seperti dilansir dari medcom, pakar tidur Inggris, Neil Robinson, menegaskan ketika kamu menggunakan kaus kaki, akan terjadi pembesaran pembuluh darah di kaki dan tangan (vasodilatasi). Vasodilatasi kemudian didistribusikan menjadi suhu hangat ke seluruh tubuh.

Penggunaan kaos kaki akan menjaga suhu sehingga membuat kakimu terasa hangat ketika tidur. Nah, suhu badan yang teratur ini sangat berhubungan dengan kecepatan orang untuk tertidur pulas, Millens.

Nah, ketika tubuh sudah hangat, hormon melatonin akan mulai diproduksi. Hormon inilah yang memicu perasaan kantuk.

Robinson juga menambahkan, bahwa nggak semua jenis kaus kaki bisa kamu gunakan untuk membuat tidurmu jadi pulas ya. Dia menyarankan untuk menggunakan kaus kaki berbahan wol karena bisa menghantarkan panas dengan baik ke tubuhmu. Sebaliknya, hindari kaus kaki bahan katun untuk tidur. Karena bahan tersebut akan membuat kakimu tambah dingin.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk memakai kaus kaki? "Waktu satu jam sebelum tidur akan memulai proses vasodilatasi dan menurunkan suhu tubuh Anda secara keseluruhan," tandas Robinson.

Gimana, simpel banget ya? Eits, jangan lupa cuci dulu kaos kakimu ya. Ha ha. (IB27/E05)