Pakaian Baru Mesti Dicuci Dulu, Ini Alasannya

Pakaian Baru Mesti Dicuci Dulu, Ini Alasannya
Ilustrasi memilih pakaian lebaran. (Shutterstock)

Momen Lebaran identik dengan memakai pakaian baru demi penampilan yang lebih menarik di hari yang fitri. Namun, sebelum dipakai, pakaian baru itu lebih baik dicuci dahulu.

Inibaru.id – “Baju baru alhamdulillah. Tuk dipakai di hari raya.” Hayo, kamu pasti familiar dengan lagu sejak masa kecil itu, kan? Yap, Lebaran selalu identik dengan penampilan yang menarik untuk menyambut hari yang fitri. Salah satu caranya dengan memakai pakaian baru.

Eits, tapi setelah membeli pakaian baru di toko maupun via daring, semestinya pakaian itu dicuci dulu sebelum digunakan. Memakai pakaian baru tanpa dicuci dulu bisa memunculkan kemungkinan terkenan gangguan kulit.

Donald Belsito, seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center mengungkapkan pakaian baru yang dipakai tanpa dicuci dulu dapat mengakibatkan iritasi kulit, kudis, kutu, hingga jamur seperti dilansir dari laman Liputan6 (23/2/2018).

Pakaian barumu mungkin sudah dipegang dan dicoba oleh beberapa orang. (Pinterest)

Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan karena pakaian yang baru saja kamu beli kemungkinan besar sudah dipegang bahkan dicoba banyak orang. Kamu tentu nggak pernah tahu seperti apa kondisi orang yang memegang dan menjajal pakaian tersebut sebelumnya, kan?

Selain berisiko membawa penyakit kulit, pakaian baru juga dapat mengandung pelbagai bahan kimia yang dapat membuat kulitmu iritasi. Bahan kimia seperti bahan pengawet biasanya diberikan di pakaian baru supaya nggak ditumbuhi jamur dan membuat pakaian bebas kerut.

Pakaian yang dibeli secara daring juga harus dicuci dahulu. (Shutterstock)

Nggak hanya pakaian baru yang dibeli di toko, risiko penyakit dan iritasi semacam itu juga berlaku kalau kamu membeli pakaian secara daring, ya. Untuk itu, lebih baik kamu mencuci pakaian yang baru saja kamu beli dari mana pun tempatnya.

Kamu bisa mencucinya dengan air panas atau dengan membubuhkan deterjen anti bakteri untuk membunuh bakteri sumber penyakit yang ada di pakaian barumu. Dengan begitu kamu bisa berlebaran dengan lebih nyaman pakai pakaian baru, deh. Selamat menyambut Lebaran, Millens. (IB10/E04)