Pakai Mobil Saat Mudik? Waspadai Masalah Ini!

Pakai Mobil Saat Mudik? Waspadai Masalah Ini!
Mobil yang dipakai mudik rentan terkena masalah. (Merdeka.com)

Mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil memang terasa lebih nyaman, tapi pilihan ini juga punya risiko yang besar. Berikut beberapa masalah yang kerap terjadi pada mobil yang digunakan mudik.

Inibaru.id – Idul Fitri akan segera tiba. Banyak orang yang sudah mulai merencanakan mudik ke kampung halaman. Mereka pulang ke kampung menggunakan beragam alat transportasi, salah satunya mobil pribadi.

Kendaraan pribadi memang menjadi pilihan favorit bagi pemudik. Namun, pilihan tersebut tentunya punya risiko yang besar seperti rentan terkena kecelakaan.

Dilansir dari Gridoto.com, Senin (19/6/2017), mudik nggak hanya erat dengan kemacetan. Mudaik juga identik dengan kecelakaan dan masalah pada kendaraan yang dipakai  para pemudik. Mengingat kecelakaan juga bisa terjadi karena kerusakan pada mobil, kita tentu harus mempersiapkan mobil sebaik mungkin agar selalu prima saat dipakai untuk menempuh perjalanan jauh.

Nah, sebelum mudik, ada baiknya kamu mengetahui bagian-bagian mobil mana yang kerap bermasalah saat dipakai untuk perjalanan jauh. Riecky Patrayudha dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebut tiga masalah yang paling sering muncul pada mobil yang dipakai untuk mudik adalah masalah rem, masalah kopling, dan mesin overheat atau terlalu panas sehingga membuatnya mogok. Masalah ini memang bisa muncul saat mobil dipakai dalam perjalanan jauh, apalagi saat terjebak dalam kemacetan panjang.

Masalah lainnya yang bisa terjadi adalah gangguan pada radiator dan pendingin udara atau AC. Untuk masalah-masalah ini, penyebabnya adalah lalu lintas yang padat, cuaca yang panas, dan barang bawaan yang sangat banyak dan berat. Karena itu, kamu dianjurkan untuk membawa barang seperlunya bukan secukupnya, Millens.

Demi mencegah munculnya masalah-masalah tersebut, ada baiknya kamu mengecek mobilmu sebelum membawanya mudik. Kamu bisa memeriksakan kondisi mobil di layanan service resmi sesuai merek mobil yang digunakan. Selain itu, jangan ragu untuk mendatangi posko atau bengkel siaga yang disediakan di sepanjang jalur mudik jika mulai merasa ada yang tidak nyaman pada mobilmu.

Oh iya, ada baiknya juga kamu membiasakan untuk beristirahat setiap dua jam sekali agar mobilmu nggak terlalu terforsir. So, sudah siap mudik? (IB09/E04)