Pakai Maskara Setiap Hari, Bahaya Nggak sih?

Pakai Maskara Setiap Hari, Bahaya Nggak sih?
Penggunaan maskara dapat membuat bulu mata terlihat lebih tebal. (Fimela)

Selain eyeliner dan eyeshadow, maskara merupakan kosmetik yang sering digunakan untuk merias mata. Maskara biasanya digunakan untuk membuat bulu mata terlihat menjadi lebih hitam, panjang, dan tebal. Namun, amankah pakai maskara tiap hari?

Inibaru.id - Pepatah yang menyebut dari mata turun ke hati barangkali cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya mata untuk menunjang penampilan seseorang. Nggak heran kalau banyak riasan mata yang diciptakan untuk mempercantik area mata.

Salah satu produk riasan mata yang paling sering digunakan seseorang adalah maskara. Produk ini berfungsi untuk memberi kesan bulu mata lebih hitam, lebat, panang, dan tebal. Maskara juga jamak dipakai setiap hari. Namun, amankah penggunaan maskara setiap hari?

Menggunakan maskara setiap hari sebenarnya tidak masalah asalkan setelah pemakaian, kamu membersihkan sisa maskara secara bersih. Kalau sisa maskara nggak kamu bersihkan secara tuntas, dikhawatirkan bisa menyumbat kelenjar yang ada di mata.

Mata memiliki tiga kelenjar yaitu kelenjar lendir, air, dan minyak. Ketiga kelenjar tersebut memegang fungsi yang penting karena bertugas menjaga mata agar tetap basah dan terhidrasi. Nah, maskara yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori-pori dan membuat produksi minyak berkurang. Hal tersebut mengakibatkan mata kering bahkan menimbulkan peradangan pada kelopak mata.

Cara membersihkan maskara yang salah pun dapat menimbulkan masalah serius pada mata. Usahakan nggak menghapus maskara dengan cara yang terlalu kasar bila kamu nggak ingin memiliki bulu mata yang tipis dan berjarak.

Dampak ini terjadi lantaran bahan kimia yang ada di maskara bisa mengiritasi dan melemahkan bulu mata, meskipun tidak parah. Alih-alih membuat bulu mata kelihatan lebih tebal, bulu matamu malah tambah tipis.

Oh iya, kualitas maskara yang kamu gunakan juga penting untuk diperhatikan. Pilihlah maskara yang produknya paling bersih. Hal tersebut penting karena mata memiliki kulit yang lebih tipis dibanding area lainnya, sehingga daya serapnya lebih tinggi.

Para ahli berpendapat, maskara berbentuk cair lebih baik dan cenderung lebih aman. Pendapat tersebut bisa jadi salah satu referensimu dalam memilih produk maskara.

Yap, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan maskara setiap hari. Kalau kamu memilih melakukannya, tetap hati-hati ya, Millens! (MG28/E04)