Pahami Sebelum Pakai, Ini Informasi Penting Soal Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui!

Pahami Sebelum Pakai, Ini Informasi Penting Soal <em>Sunscreen</em> yang Wajib Kamu Ketahui!
Pahami perbedaan sunscreen dan sunblock untuk melindungi kulitmu sehari-hari. (Pixabay)

Sebelum kamu salah kaprah dalam menggunakan sunscreen, mending kepoin dulu yuk fakta-fakta berikut ini!

Inibaru.id – Kamu termasuk orang yang mengoleskan sunscreen sebelum keluar rumah nggak, Millens? Menggunakan sunscreen atau tabir surya dipercaya dapat menghindarkan efek buruk paparan sinar matahari. Biar tambah mantap ketika memakai produk yang satu ini, kamu perlu memperhatikan fakta-fakta sunscreen berikut ini!

Sunscreen dan Sunblock Beda Fungsi

Meski sering dianggap sama, sunscreen dan sunblock berbeda. Sunblock berfungsi memperlambat penuaan kulit akibat paparan sinar UV-A sedangkan sunscreen melindungi kulit dari UV-B. FYI, paparan UV-A bakal memicu penuaan pada kulit, terutama di bagian wajah. Sedangkan UV-B akan membuat kulitmu gosong.

Kalau kamu mau beraktivitas di bawah sinar matahari langsung dengan durasi lumayan lama, sebaiknya kamu memilih sunblock. Tapi kalau cuma sebentar atau beraktivitas di dalam ruangan, kamu bisa memakai sunscreen. Paham belum?

Sunscreen Aman?

Sayangnya, nggak ada satu produk pun yang aman 100 persen. Begitu pula sunscreen, Millens. Bagai dua mata pisau, sunscreen juga punya efek samping yang cukup mengganggu. Hmm

Secara kimiawi, sunscreen menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Jadi nggak heran kalau kamu merasa kurang nyaman saat memakainya.Tekstur ringan sunscreen juga nggak melulu menguntungkan. Hanya kamu-kamu yang memiliki kulit normal atau kering yang cocok memakai produk ini. Kalau jenis kulitmu sensitif mending nggak usah ya, Millens.

Tips Bedakan Sunscreen dan Sunblock

Nggak perlu bingung membedakan kedua produk ini. Tekstur sunscreen yang ringan cenderung lebih bening dan cair beda dengan sunblock yang warna krimnya lebih putih dan kental. Selain itu, dari keterangan produk juga pasti sudah jelas ya. Ha ha

SPF yang Tepat

Untuk pemakaian sehari-hari alias di dalam ruangan, kamu butuh sunscreen dengan minimal SPF 15. Tapi kalau kamu pengin berkegiatan di bawah matahari selama 2 jam, kamu butuh yang lebih tinggi yakni SPF 30.

Jangan Lupa Oles di Bagian Tubuh Ini

Banyak orang yang melewatkan bagian-bagian tubuh seperti kelopak mata, bawah bibir, belakang telinga, dan hidung bagian atas saat mengaplikasikan sunscreen. Bagian-bagian tersebut juga harus dilindungi ya, Millens.

Gimana? Sekarang sudah tahu kan fakta tentang sunscreen? Meskipun terkesan sepele, tapi tetap bermanfaat untuk kesehatan kulitmu! Jadi, lebih bijak lagi ya dalam memilih dan menggunakan produk untuk kesehatanmu. (IB23/E05)