Paham Lebih Jauh tentang Sindrom Penyebab Kematian Bayi Kembar Irish Bella

Kematian bayi kembar pasangan selebritis Ammar Zoni dan Irish Bella disebut diakibatkan mirror syndrome yang dialami Bella. Apa sebenarnya mirror syndrome itu?

Paham Lebih Jauh tentang Sindrom Penyebab Kematian Bayi Kembar Irish Bella
Irish Bella mengalami mirror syndrome yang mengakibatkan kematian bayi kembarnya. (TribunNews/ Bayu Indra Permana)

Inibaru.id - Kabar duka menyelimuti pasangan artis muda Indonesia, Ammar Zoni dan Irish Bella. Bayi kembar mereka meninggal dunia di dalam kandungan pada Minggu (6/10/2019). Kematian bayi kembar Irish itu disebut-sebut akibat mirror syndrome yang diidapnya.

Mirror syndrome adalah kondisi langka saat plasenta terlepas di dalam kandungan. Kondisi tersebut diawali dengan bayi kembar Irish yang mengalami kondisi Twin-to-Twin Transfusion Syndrome (TTTS) yang berarti pembuluh darah dua janin kembar itu berhubungan. Karena pembuluh darah berhubungan, salah satu janin memberi darah kepada janin kedua.

TTTS bisa mengakibatkan komplikasi ke ibu sang janin, salah satunya yakni mirror syndrome yang merupakan keadaan ketika janin mengalami hydrops (bengkak seluruh tubuh). Saat itu, sang ibu juga mengalami kondisi yang sama disertai preeklamsia atau toxemia kehamilan yakni kelainan atau gangguan progresif yang ditandai kehadiran protein dalam urin serta tingginya tekanan darah.

“Sekarang kondisi ibu bagus, tekanan darah bagus. Kemarin pas di kamar operasi (teknan darah) sampai 180/90,” ujar dokter Gatot Abdurrazak, Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal yang menangani Irish seperti ditulis laman Nova.grid, Selasa (8/10).

Gatot kemudian menceritakan kronologi meninggalnya kedua bayi kembar Irish tersebut.

“Jadi Irish datang Jumat pagi, sudah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) sudah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil,” ujar Gatot menjelaskan.

Semoga Ammar Zoni dah Irish Bella diberi ketabahan ya, Millens. (IB24/E04)