Pabrik Aqua Cicurug, Sukabumi Terendam Banjir, Air Galon Bakal Langka?

Pabrik Aqua Cicurug, Sukabumi Terendam Banjir, Air Galon Bakal Langka?
Ilustrasi galon air minum dalam kemasan Aqua (Medcom.id)

Pabrik produksi air minum dalam kemasan Aqua di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, ikut terdampak banjir bandang hingga ditutup. Apakah penutupan ini berimbas pada berkurangnya pasokan air galon?

Inibaru.id – Banjir bandang yang melanda Kecamatan Cicurug, Sukabumi nggak hanya merusak dan menghanyutkan rumah warga. Salah satu pabrik produksi perusahaan air minum dalam kemasan Aqua milik PT Aqua Golden Mississippi juga ikut menjadi korban. Video yang menunjukkan bagian dalam pabrik yang sudah terendam air luapan Sungai Citarik – Cipeuncit pun viral di media sosial.

Danone Aqua akhirnya memutuskan untuk menutup sementara pabrik tersebut. Selain untuk melakukan pembersihan dan perbaikan, ditutupnya lokasi pabrik dilakukan demi menjaga keselamatan karyawan sekaligus produk.

“Kami memutuskan untuk menghentikan sementara fasilitas produksi PT Aqua Golden Mississippi demi memastikan keamanan dan keselamatan karyawan kami,” ungkap Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin pada Selasa (22/9/2020).

Saat ditanya soal produk air minum dalam kemasan Aqua, Arif mengaku nggak akan terjadi penurunan kualitas ataupun layanan. Hal ini disebabkan oleh produksi produk air minum akan dialihkan ke pabrik lainnya yang juga ada di Indonesia.

Aqua galon nggak akan langka meski pabrik di Cicurug Sukabumi ditutup. (Klikdokter.
Aqua galon nggak akan langka meski pabrik di Cicurug Sukabumi ditutup. (Klikdokter.

“Kami memastikan bahwa pasokan produk untuk konsumen akan tetap terpenuhi melalui fasilitas pabrik kami lainnya,” lanjut Arif.

Danone Aqua langsung melakukan penanganan pada pabrik yang terendam tersebut agar bisa segera kembali digunakan. Meski mengalami kerugian, Arif memastikan bahwa pihaknya juga akan ikut memberikan bantuan pada para korban banjir bandang di Cicurug.

Saat ditanya tentang kondisi karyawan, Arif memastikan bahwa semua karyawan di pabrik tersebut beada dalam kondisi yang aman.

FYI, nih Millens, video terendamnya pabrik Aqua viral setelah akun Facebook bernama Jakarte Punye Cerite mengunggahnya di media sosial pada Senin (21/9/2020). Terlihat air banjir berwarna cokelat sudah masuk ke dalam bagian dalam pabrik. Sejumlah galon air minum kemasan terlihat hanyut akibat air banjir tersebut.

Beberapa karyawan terlihat mengamati air banjir tersebut dari ketinggian. Selain itu, ada Forklift yang tetap beraktivitas meski lantai pabrik telah terendam.

Jadi, kamu nggak perlu khawatir bakal mengalami kelangkaan air kemasan galon, Millens. Cuma satu pabrik yang terdampak banjir, kok. Masih ada pabrik produksi lain yang beroperasi. (Det/IB09/E05)