Overthinking Bikin Susah Tidur? Atasi dengan 7 Cara Ini

Overthinking Bikin Susah Tidur? Atasi dengan 7 Cara Ini
Overthinking bisa membuat sulit tidur. (Shutterstock)

Overthinking memang bikin sulit tidur di malam hari. Beberapa tips di bawah ini akan membantumu tidur lebih capat meski tengah dilanda overthinking.  

Inibaru.id – Berbagai keluhan tidur bagi anak milenial rata-rata disebabkan oleh overthinking. Meski badan lelah dan mata harus terpejam, namun pikiran enggan berhenti memikirkan sesuatu alias overthinking.

Kejadian semacam ini lazim terjadi sehingga keesokan paginya kamu kerap terbangun dengan kondisi kurang fit. Akibatnya badan terasa lemas dan kurang fokus seharian. Meski menjengkelkan, namun susah tidur akibat overthinking ini terus berulang.

7 Cara Cepat Tidur karena Overthinking

Nah beberapa cara di bawah ini akan membantumu cepat tidur meski tengah dilanda overthinking!

1. Bikin To-Do-List

Bikin daftar yang akan kamu kerjakan. (gettyimages)
Bikin daftar yang akan kamu kerjakan. (gettyimages)

Seabrek tugasmu di keesokan hari kadang memang bikin sulit tidur jika terlalu dipikirkan. Agar nggak terus-terusan memikirkannya, tulislah daftar agendamu esok pagi dalam kertas atau buku. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang menuliskan to do list sebelum tidur akan terlelap 9 menit lebih cepat. Menuliskan to do list dapat membantu menjernihkan pikiran dan membuat otakmu berhenti memikirkannya terus terusan.

2. Membaca Buku

Lebih baik baca buku daripada bermain gawai. (Hipwee)
Lebih baik baca buku daripada bermain gawai. (Hipwee)

Ketimbang asyik mengakses medsos yang bikin lupa waktu, sebaiknya baca buku atau novel kesukaanmu untuk mendistraksi overthinking-mu. Luangkan waktu 20-30 menit sebelum tidur untuk membaca. Hal ini akan membantumu cepat tidur meski punya masalah tidur.

3. Mendengarkan Musik atau Podcast

Mendengarkan musik atau podcast adalah ide bagus. (iStockphoto)
Mendengarkan musik atau podcast adalah ide bagus. (iStockphoto)

Kamu yang nggak suka membaca, bisa lo mengalihkan perhatian dengan mendengarkan audiobook atau podcast dnegan tema yang ringan. Kamu juga bisa mendengarkan musik yang menenangkan sambil merebahkan badan. Cormac O'Donovan, profesor neurologi di wake Forest Baptist Medical Center mengungkapkan bahwa mendengarkan musik lembut seperti suara lautan bisa membantumu tidur.

4. Mengatur Napas           

Lakukan latihan pernapasan. (Google)
Lakukan latihan pernapasan. (Google)

Atur napasmu dengan menghirup, menahannya sejenak, lalu embuskan. Padukan napasmu dengan hitungan. Agar embusan napas lebih panjang, hitung lebih banyak. Hirup napas selama tiga hitungan, tahan sebanyak lima hitungan, kemudian embuskan. Kamu yang sulit fokus juga mungkin butuh waktu yang lebih banyak untuk latihan pernapasan ini.

5. Bangkit dari Kasur

Lakukan kegiatanmu di luar kasur. (Shutterstock)
Lakukan kegiatanmu di luar kasur. (Shutterstock)

Memaksa diri untuk tidur adalah ide buruk. Orang dengan keluhan ini membiasakan otak untuk mengasosiasikan tempat tidur atau kamar dengan insomnia dan kekhawatiran. Untuk itu, beraktivitaslah di luar kamar atau bukan di atas kasur hingga kamu benar-benar lelah. Baru setelahnya, rebahkan dirimu di atas kasur.

6. Makan Karbohidrat Ringan

Popcorn jadi pilihan tepat untuk nyemil sebelum tidur. (iStockphoto)
Popcorn jadi pilihan tepat untuk nyemil sebelum tidur. (iStockphoto)

Jangan konsumsi terlalu banyak camilan berat sebelum tidur karena dapat bikin insomniamu tambah parah. Cobalah konsumsi jajanan yang kaya karbohidrat seperti popcorn atau biskuit gandum. Hal ini akan meningkatkan serotonin pada otak sehingga memudahkanmu tidur.

7. Meditasi

Pusatkan pikiran dan bermeditasi. (Shutterstock)
Pusatkan pikiran dan bermeditasi. (Shutterstock)

Fukuslah pada satu hal di luar hal-hal yang menjadi beban pikiranmu. Bayangkan dirimu tengah melewati hamparan savana yang luas, berjalan di tepi pantai atau sedang menikmati ayunan dengan angin sepoi-sepoi. Dijamin kamu cepat terlelap.

Nah itulah beberapa tips agar cepat tidur buatmu yang kerap mengalami overthinking. Mau coba yang mana dulu, Millens? (CNN/IB27/E05)