OSC Medcom Virtual Award 2020, Menristek Berharap Peserta Wujudkan Indonesia Maju 2045

OSC Medcom Virtual Award 2020, Menristek Berharap Peserta Wujudkan Indonesia Maju 2045
Menristek memberikan sambutan dalam penganugerahan OSC 2020. (Youtube/ OSC Medcom)

Menteri Riset Teknologi Bambang Brodjonegoro berharap para pemenang beasiswa OSC Medcom 2020 dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi negara manju pada 2045. Bagaimana caranya?

Inibaru.id – Awarding Night Online Scholarship Competition (OSC) Medcom 2020 yang digelar pada Jumat (29/1) siang menghadirkan para pemenang dari seluruh Indonesia. Hadir dalam perhelatan ini Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate dan Menteri Riset dan Teknologi RI Bambang Brodjonegoro.

Sebanyak 440 siswa dinyatakan berhak atas beasiswa OSC Medcom 2020. Acara digelar secara hybrid,  yakni luring terbatas di Studio Grand Metro TV dan daring yang bisa disiarkan langsung melalui Youtube Medcom.id.

Dalam sambutannya, Menristek Bambang Brodjonegoro berharap para penerima beasiswa akan memberikan kontribusi nyata pada negara. Di harapan seluruh peserta, sosok yang juga menjabat Kepala Badan Riset Inovasi Nasional itu berpesan agar mereka berkontribusi dengan cara menghasilkan inovasi.

"Menciptakan inovasi, yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya dalam Virtual Awards yang turut dihadiri Ketua Yayasan Surya Edukasi Bangsa Mohammad Mirdal Akib serta CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata itu.

Penerima beasiswa OSC diharapkan mampu membawa inovasi. (Youtube/ OSC Medcom)
Penerima beasiswa OSC diharapkan mampu membawa inovasi. (Youtube/ OSC Medcom)

Menurutnya, para SDM unggul berpengetahuan dan produktif dapat melahirkan pembangunan yang merata, berbudaya, dan berkelanjutan.

“Ini akan menciptakan berbagai solusi untuk permasalahan masyarakat melalui inovasi,” ungkapnya, yang juga berharap para penerima beasiswa akan mampu mengambil peluang strategis untuk mengubah paragidma ekonomi sumber daya alam (SDA) menjadi ekonomi berbasis inovasi.

Bambang meyakini, cara itu akan turut membantu visi Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045 mendatang dengan pendapatan yang tinggi.

Para oemenang OSC 2020. (Youtube/ OSC Medcom)
Para oemenang OSC 2020. (Youtube/ OSC Medcom)

Untuk itu, Bambang mengapresiasi langkah Medcom.id bersama beberapa pihak yang telah menyelenggarakan beasiswa yang seluruh prosesnya dilakukan secara daring tersebut. Dirinya juga meyakini jika program OSC Medcom 2020 ini merupakan gerakan revolusioner.

"Semoga dapat melahirkan para profesional yang memiliki pandangan global. Dengan kolaborasi terbuka, terutama stake holder riset teknologi dan inovasi, saya optimistis akan tercipta program revolusioner untuk menjawab tantangan masa depan," jelasnya.

Reformasi SDM yang tanggap dan produktif seperti OSC  inilah yang diharapkan dapat melahirkan  para prosefisonal yang memiliki pandangan global.

Terakhir, Bambang juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang  beasiswa OCS Medcom 2020. (IB27/E03)