Orisinal Indonesia Tularkan Bisnis Model Kanvas

Orisinal Indonesia Tularkan Bisnis Model Kanvas
Orisinal Indonesia bekerja sama dengan Media Indonesia (Foto: google)

Inibaru.id - Orisinal Indonesia bekerja sama dengan Media Indonesia kembali menggelar program workshop youthpreneur bertajuk “Bisnis Model Kanvas”, Senin (8/5). Dalam workshop tersebut deputy chairman Media Group, Rerie L Moerdijat hadir sebagai narasumber. Ia menyampaikan beberapa materi yang perlu diperhatikan para pebisnis terutama pebisnis pemula, seperti strategi “mengejutkan” pasar hingga bisnis model kanvas.    

“Bisnis model kanvas ini merupakan bahasa yang digunakan untuk menggambarkan, memvisualisasikan, menilai dan mengubah sebuah kanvas model,” ujar Rerie pada para peserta workshop.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Edge Semarang itu dikemas secara apik dan menarik. Tak semata-mata mendengarkan materi yang diberikan narasumber, peserta pun diajak untuk terlibat aktif bermain-main sambil berdikusi dan merumuskan ide-ide bisnis sesuai dengan urutan dalam kotak tabel kanvas untuk kemudian dituangkan dalam sebuah model kanvas.

“Perkembangan bisnis model saat ini tidak hanya diterapkan untuk bisnis tapi juga sudah mulai diterapkan pada NGO (organisasi non-pemerintahan) dan organisasi politik,” tambah Rerie.

Sebelum menjelaskan mengenai poin utama bisnis model kanvas, Rerie lebih dulu memaparkan bahwa modal penting dalam menjalankan bisnis adalah memiliki pikiran terbuka (open mind), hati terbuka (open heart) dan kemauan penuh (open will).

Workshop Bisnis Model Kanvas ini merupakan lokakarya bagi siapapun yang memiliki pemikira visioner, seorang agen perubahan, menyukai tantangan dan sedang berupaya untuk mengubah model bisnis yang telah usang dengan model bisnis masa depan. Sebanyak 80 peserta yang tak lain merupakan pemilik suatu bisnis tertentu terseleksi untuk mengikuti workshop tersebut. (IP)