Orang-Orang Ini Dilarang Olahraga di Tempat Umum Selama Pandemi

Orang-Orang Ini Dilarang Olahraga di Tempat Umum Selama Pandemi
Ilustrasi berolahraga di tempat umum. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Olahraga di tempat umum selama pandemi sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Hanya, setiap orang tetap harus memperhatikan sejumlah protokol kesehatan. Lantas, siapa saja sih yang diperbolehkan melakukannya?

Inibaru.id – Indonesia memang sudah memasuki situasi “New Normal” meski pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan dan cenderung semakin parah. Hanya, bukan berarti status ini membuat kamu bebas kemana-mana. Meski bosan dan ingin berkunjung ke berbagai lokasi, kamu juga harus memperhatikan banyak hal, termasuk saat ingin berolahraga di pusat kebugaran atau gym.

Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro, olahraga di gym atau tempat umum lainnya jika dilakukan dengan sembarangan bisa membuat orang lebih rentan terpapar virus corona, lo. Khusus untuk olahraga di gym, risiko penularan bahkan tergolong sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh peralatan olahraga di pusat kebugaran yang dipakai secara bergantian oleh banyak orang.

Menurut Juru Bicara Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini, risiko untuk tertular Covid-19 akan semakin meningkat kalau kamu juga memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal, dan penyakit autoimun.

Selain orang-orang dengan penyakit itu, Reisa juga menegaskan bahwa ibu hamil dan lansia sebaiknya nggak pergi ke gym atau mengikuti senam bersama. Olahraga-olahraga jenis lain yang dilakukan banyak orang secara bersamaan juga sebaiknya nggak dilakukan oleh orang-orang tersebut.

Olahraga sendiri di rumah lebih aman daripada ke gym. (Cheat Sheet)<br>
Olahraga sendiri di rumah lebih aman daripada ke gym. (Cheat Sheet)

“Sebaiknya lakukan olahraga sendiri, dengan anggota keluarga, atau menggunakan alat olahraga sendiri. Utamakan olahraga jenis ini,” tutur Reisa pada Senin (29/6/2020).

Bagi orang dengan risiko yang lebih kecil untuk tertular, mereka bisa melakukan olahraga di tempat umum asalkan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Olahraga seperti jalan kaki atau bersepeda pun tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Setiap orang harus tetap menjaga jarak, memakai masker, dan membawa hand sanitizer.

Pengelola gym yang ingin membuka bisnisnya juga harus menyiapkan beberapa fasilitas bagi pelanggannya seperti tempat cuci tangan. Mereka juga diminta untuk membatasi jumlah pengunjung yang datang demi menurunkan risiko penularan.

Hanya, meski kamu sudah diperbolehkan untuk berolahraga di tempat umum atau gym, ada baiknya memang menghindari dulu berkumpul di tempat umum, ya Millens. Ingat, mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati, kan? (Can/IB15/E07)