Orang Kaya Sesungguhnya Nggak Melakukan Hal Ini

Orang Kaya Sesungguhnya Nggak Melakukan Hal Ini
Orang kaya yang sebenarnya cukup selektif saat berbelanja dan mengeluarkan uangnya. (Telisik/Pelimbi)

Meski sudah menjadi kaya, ada hal-hal yang baiknya nggak perlu kamu lakukan biar uang nggak terbuang sia-sia. Apa saja itu?

Inibaru.id - Menjadi kaya adalah harapan sebagian besar orang. Bagaimana seseorang dibilang kaya? Biasanya pencapaian itu diukur dengan banyaknya uang atau aset yang kita punya.

Tapi, bagaimana kaum muda seperti kita akan menjadi kaya? Harta nggak akan turun begitu saja dari langit. Nggak ada lagi cara selain bekerja dan bekerja kan? Maka, saat hasil jerih payah ada di tangan, sudah seharusnya kita bijak untuk menggunakannya.

Sebagian kamu mungkin akan menabung, sebagian lagi akan mengalokasikan tabungannya untuk investasi. Kamu juga bisa menyisihkan pendapatanmu untuk orang tua atau membantu orang lain. Ada juga yang bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan diri seperti jalan-jalan, membangun rumah, dan melakukan hobi.

Selama uang hasil keringatmu ditukar dengan sesuatu yang wajar, kamu masih berada di jalur yang benar, kok. Tapi, mempunyai banyak uang terkadang membuat kita ingin sedikit berbuat “gila”.

Buktinya sudah sering kita lihat. Sebagian orang dengan predikat crazy rich memamerkan barang-barang mewah dan membeli benda dengan harga yang nggak wajar di media sosial. Sebagai penonton, bukankah mereka terlihat seperti sedang menghambur-hamburkan uang?

Agar nggak tergiur dengan kegilaan mereka, kamu perlu tahu hal-hal yang nggak akan dibeli oleh orang kaya sesungguhnya. Apa sajakah itu?

Nggak Boros Uang untuk Membeli Barang Branded

Bagi sebagian orang, memiliki tas karya desainer terkenal adalah kebanggaan. (Instagram/Edha.Lauren.Clarisa)
Bagi sebagian orang, memiliki tas karya desainer terkenal adalah kebanggaan. (Instagram/Edha.Lauren.Clarisa)

Beberapa media asing mengungkap harga outfit para miliarder terkenal rupanya nggak seberapa dibanding kekayaannya. Bill Gates menggunakan arloji seharga US$10 atau sekitar Rp 143 ribu, sementara Mark Zuckerberg mengenakan kaos biasa dalam kesehariannya. 

Para orang tajir itu cenderung fokus memanfaatkan uang dan mengumpulkannya sebaik mungkin daripada membelanjakan untuk barang mahal dari desainer terkenal. Ketimbang membeli barang branded, para orang kaya memilih membelanjakan uang mereka untuk pendidikan, kesehatan dan kebugaran.

Nggak Menghabiskan Uang untuk Kenyamanan Bepergian

Celine Dion dengan pesawat pribadinya, Bombardier BD-700 Express. (Flightzona)
Celine Dion dengan pesawat pribadinya, Bombardier BD-700 Express. (Flightzona)

Buku The Millionaire Next Door karya Thomas J. Stanley mengungkapkan sebanyak 50% jutawan nggak pernah menghabiskan lebih dari $29.000 atau sekitar 417 juta untuk sebuah kendaraan. Mereka jarang menyewa mobil baru atau membeli mobil mahal.

Ingvar Kamprad, pendiri IKEA percaya bahwa perjalanan kelas bisnis hanya sebuah kemewahan ekstra. Salah satu orang terkaya di dunia itu bepergian dengan kelas ekonomi dan tinggal di hotel yang murah.

Nggak Membeli Rumah Mewah yang Nggak Mampu Mereka Beli

Penulis Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki berpendapat tempat tinggal mewah harus dilihat sebagai kewajiban ketimbang aset karena mahal dan nilainya nggak selalu naik. Itulah kenapa orang kaya yang bijak akan membeli rumah dengan harga terjangkau daripada rumah besar yang nggak mampu mereka beli karena akan menghabiskan tabungan.

Itulah hal-hal yang bisa kamu contoh dari orang kaya sesungguhnya. Mempunyai banyak uang memang pencapaian yang nggak mudah. Jadi, hargai jerih payah itu dengan memanfaatkan uang sebaik mungkin. (Hai/IB20/E05)