Orang Indonesia Mandi Pakai Gayung, Boros Air Nggak, Sih?

Orang Indonesia Mandi Pakai Gayung, Boros Air Nggak, Sih?
Ilustrasi: Mandi pakai gayung. (Wikipedia/Harditaher)

Beda dengan orang luar negeri yang banyak mandi memakai shower, orang Indonesia mandi pakai gayung dan punya bak mandi. Ada anggapan hal ini bikin boros air. Beneran?

Inibaru.id – Orang Indonesia itu punya kebiasaan unik yang nggak disadari, yakni mandi dengan gayung. Maklum, kebanyakan kamar mandi di rumah-rumah Tanah Air berisi bak mandi, bukannya pancuran shower. Jadi, agar airnya bisa sampai diguyur ke tubuh, ya harus memakai gayung.

Kalau di zaman dulu, gayung bisa dibuat dari batok kelapa, ya Millens. Tapi, kini gayung lebih bervariasi dan kebanyakan ya dibuat dari bahan plastik. Kalau yang paling ikonik sih gayung dengan bentuk simbol hati. Apalagi kalau warnanya merah muda. Sangat Indonesia banget, itu.

Sayangnya, kebiasaan mandi pakai gayung ini pernah dikritik mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pada Selasa (3/5/2016) lalu, dia menyarankan masyarakat untuk mulai memakai shower di kamar mandinya agar lebih hemat air.

“Kalau Anda mandi dengan gayung, kira-kira membutuhkan 18 liter. Tapi kalau dengan shower hanya 12 liter,” ucap Kalla saat mengeluarkan sambutan di acara Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum 2016 di Jakarta kala itu.

Jadi ya, Millens, penggunaan shower bisa membuat kamu menghemat air sampai 30 persen lo kalau dibandingkan dengan mandi masih pakai gayung. Selain itu, kalau kita membahas soal risiko demam berdarah, penggunaan shower juga jauh lebih baik. Maklum, bak air bersih di kamar mandi bisa saja jadi tempat nyamuk Aedes Aigepty bertelur, deh.

Orang Indonesia cenderung memakai bak mandi yang membutuhkan gayung. (monitorday.com)
Orang Indonesia cenderung memakai bak mandi yang membutuhkan gayung. (monitorday.com)

Meski begitu, nggak semua orang bisa mandi dengan shower, ya Millens. Di kota-kota, di mana sudah ada jaringan perpipaan PDAM, hal ini mungkin bisa dilakukan. Tapi, di kawasan suburban atau pedesaan, biasanya sih sulit. Memang, sudah banyak rumah tangga yang memakai pompa air dan bak penampung air, tapi tetap saja airnya kemudian diarahkan ke bak mandi.

Selain itu, jika masih memakai sumur timba, tentu saja airnya harus ditampung dulu sebelum dipakai untuk mandi atau kebutuhan lain, kan? Yang nggak kalah penting, gayung masih kita butuhkan untuk membersihkan badan saat buang air besar. Kan kita beda dengan orang-orang bule yang membersihkan badan dengan tisu.

Jadi sih ya, kalau memang nggak pengin boros air, mungkin kita bisa lebih cermat dalam memakai gayung saat mandi. Bisa saja dengan memakai gayung lebih kecil atau nggak terlalu banyak mainan air saat mandi. Biar hemat air pokoknya.

Meski begitu, kayaknya seru juga ya kalau bisa mandi dengan shower. Sepertinya segar, gitu. Nah, kalau kamu, lebih suka makai gayung apa shower nih saat mandi? (Med/IB09/E05)