Orang Botak Masih Butuh Sampo, Ini Alasannya!

Orang Botak Masih Butuh Sampo, Ini Alasannya!
Orang botak masih butuh sampo. (Flickr/ k4dordy)

Meski sudah nggak punya rambut barang sehelai, orang botak ternyata masih butuh sampo, lo. Paling nggak, mereka harus memakai sampo 2-3 kali seminggu. Hm, apa tujuannya?

Inibaru.id – Pernah terpikir kalau orang botak masih perlu sampo untuk cuci rambut apa nggak? Maklum, sampo kan fungsinya untuk mencuci rambut. Nah, orang botak kan nggak punya rambut lagi di kepalanya.

Kita bahas dulu soal bagaimana seseorang menjadi botak. Yang kita bahas di sini ini benar-benar botak sempurna seperti Dedy Corbuzier itu, ya, bukannya botak yang masih ada rambut di sebagian kepala. Penyebabnya bisa bermacam-macam, lo. Ada yang botak karena memang mengalami masalah kerontokan yang sangat parah hingga rambutnya benar-benar habis. Ada juga yang botak karena sengaja mencukur habis rambutnya hingga plontos.

Nah, kalau memang rambutnya sudah benar-benar botak, apa hanya perlu dibilas dengan air atau diberi sabun biasa sebagaimana bagian tubuh lain saat mandi? Kalau menurut pakar rambut Dr Andrew Jones yang berasal dari Research Scientist Unilever, Inggris, orang botak sebaiknya tetap memakai sampo.

Lah, buat apa sampoan kalau sudah nggak ada rambut, ya? Jadi, kalau menurut Jones, sampo nggak hanya baik untuk perawatan rambut, namun juga kulit kepala. Nah, soal kulit kepala ini, ternyata beda dengan kulit tubuh lainnya, jadi harus mendapatkan perawatan khusus. Mirip-mirip dengan kulit wajah yang harus diberi sabun yang berbeda dengan kulit tubuh, Millens.

Jadi, orang botak nggak bisa hanya membilas kepalanya dengan air saja. Sebaiknya, mereka tetap memakai sampo setidaknya sekali dalam dua atau tiga hari demi membantu kulit kepala tetap terjaga kondisinya.

Orang botak tetap harus menjaga kulit kepala. (Flickr/

Scott Feldstein)
Orang botak tetap harus menjaga kulit kepala. (Flickr/ Scott Feldstein)

Omong-omong, Jones juga memberikan saran terkait dengan penggunaan sampo yang tepat, baik itu bagi mereka yang masih memiliki rambut ataupun mereka yang sudah botak. Intinya sih, sampo harus dituang ke tangan dulu, jangan langsung dituang ke kepala atau rambut.

Usai ditumpahkan ke telapak tangan, gosok-gosok sampo ini hingga berbusa. Lalu, barulah kamu menaruhnya rambut dari depan ke belakang secara menyeluruh. Setelah itu, pastikan kamu memberikan pijatan lembut pada kulit kepala, bukannya menggosoknya dengan keras. Pastikan untuk melakukannya karena kalau sampai ada sisa sampo di kulit kepala yang nggak digosok atau dibilas dengan baik, akan berubah jadi kotoran di kulit kepala.

Orang botak juga disarankan memakai topi atau penutup kepala lain saat panas terik menyengat di siang hari. Tujuannya sih demi menghindari paparan langsung sinar UV ke kulit kepala yang sensitif dan menurunkan risiko kanker kulit.

Kalau perlu, kulit kepala juga bisa diberi tabir surya kalau memang botak dan sering terpapar sinar matahari.

Jadi, sudah tahu kan apa jawaban dari pertanyaan apakah orang botak masih butuh sampo (Lip/IB09/E05)