Untung Rugi Mengosongkan Perut Sebelum Olahraga

Untung Rugi Mengosongkan Perut Sebelum Olahraga
Olahraga sebelum makan. (Bugaraga)

Melakukan olahraga sebelum makan dianggap dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Anggapan ini bisa jadi hal yang benar bila dilakukan saat bangun tidur.

Inibaru.id – Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Cara-cara sehat pun dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya dengan olaharaga.

Nah, saat berolahraga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar olaharaga yang kamu lakukan nggak sia-sia. Hal sederhana, misalnya tentang melakukan diet kardio dengan mengosongkan perut sebelum mulai melakukan olahraga banyak dipraktikkan orang.

Banyak yang menganggap bila mengosongkan perut sebelum olahraga sangat efektif menurunkan berat badan. Namun, anggapan ini nggak sepenuhnya benar. Tindakan itu benar-benar efektif bila kamu melakukannya setelah bangun tidur di pagi hari.

Melansir laman Medcom, Kamis (4/4/2019), saat terbangun, tubuh nggak memiliki cadangan glukosa yang cukup untuk dibakar ketika metabolisme terjadi. Karena nggak ada glukosa, lemak pun dikorbankan untuk dibakar dalam proses metabolisme tersebut.

Selain membakar lemak, mengosongkan perut saat olahraga di pagi hari juga disebut bisa meningkatkan daya molekuler dan genetik. Konon, hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Kendati demikian, berolahraga sebelum makan secara rutin nggak dianjurkan ya, Millens. Beberapa ahli khawatir hal ini membuat perut yang nggak terisi makanan akan membakar protein yang penting dalam tubuh. Efek baik jangka panjang diet kardio juga belum banyak diteliti.

Bahkan, beberapa penelitian menganggap makan atau nggak makan sebelum olahraga nggak memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal menurunkan berat badan.

Oh iya, kalau kamu memang berniat melakukan hal ini kamu juga harus bersiap dengan risiko terburuk yang bisa terjadi. Efek-efek tersebut di antaranya pingsan, kehilangan massa otot, kram, dan ketosis. Kamu bisa mempertimbangkan lagi risiko dan manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, Millens. Terlepas dari itu, semangat olahraga, ya! (IB07/E04)