Olahraga di Malam Hari? It’s Okay!

Olahraga di Malam Hari? <em>It’s Okay!</em>
Tips bagi yang olahraga di malam hari. (Shutterstock)

Tuntutan pekerjaan yang tinggi terkadang membuat seseorang nggak punya waktu untuk olahraga pada pagi maupun sore hari. Kalau kamu hanya punya waktu malam hari, masih ada kesempatan untuk olahraga kok. Eits, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, nih!

Inibaru.id – Sebagian orang berpendapat, pagi hari adalah waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Namun, aktivitas di pagi hari biasanya sangat padat sehingga banyak orang yang nggak sempat berolahraga. Alhasil, malam hari sering dijadikan alternatif waktu untuk berolahraga.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat berolahraga di malam hari asalkan perhatikan hal-hal berikut ini, ya!

Istirahat Terlebih Dahulu Setelah Bekerja

Istirahat sebelum olahraga. (Shutterstock)

Sebelum olahraga, sebaiknya kamu melakukan recovery terlebih dahulu setelah seharian beraktvitas. Jangan sampai tubuhmu dipaksa kembali melakukan aktivitas fisik usai seharian berkegiatan.

Lambatkan Ritme


Melambatkan ritme olahraga. (Shutterstock/Stefanovic Mina)

Bila kamu olahraga di malam hari, sangat disarankan menggunakan ritme yang lebih lambat dari biasanya. Ritme olahraga yang lambat bisa membantu tubuh mengatur detak jantung dan pernapasan serta menjaga kadar hormon tetap normal.

Intensitas Sedang

Intensitas olahraga sedang. (Shutterstock/ESB Professional)

Berolahragalah sesuai dengan kapasitas tubuhmu. Jangan paksa tubuhmu olahraga dengan intensitas tinggi bila keadaannya nggak memungkinkan. Olahraga berlebih bisa memicu penimbunan asam laktat sehingga mengakibatkan badan menjadi pegal dan sulit tidur.

Atur Waktu

Gambar terkait

Olahraga sebelum jam 9 malam. (Vix)

Hindari olahraga malam mendekati waktu tidur. Olahraga malam idealnya dilakukan sebelum jam 9 malam. Olahraga yang dilakukan menjelang waktu tidur bisa mengganggu siklus tubuh dan mengakibatkan tubuh menjadi panas, gelisah, hingga sulit tidur. 

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Hasil gambar untuk pemanasan sebelum berolahraga malam hari

Melakukan pemanasan sebelum olahraga. (1zoom)

Pemanasan sebelum berolahraga sangat diperlukan untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga, ya.

Minum Air Mineral yang Cukup

Setelah olahraga mesti minum air yang cukup. (Shutterstock)

Minum air mineral bisa membantu mempercepat pendinginan. Saat minum air mineral, tubuh lebih cepat kembali ke suhu normal. Minum air mineral juga dapat mengeliminasi asam laktat sehingga membuat badan lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Nah Millens, jadi kapanpun waktunya, olahraga akan bermanfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan tepat. Pastikan olahraga sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh, ya! (MG23/E04)