Oktober 2019, Renovasi Stadion Manahan Solo Diprediksi Rampung

Oktober 2019, Renovasi Stadion Manahan Solo Diprediksi Rampung
Renovasi Stadion Manahan Solo (Baca)

Proses renovasi Stadion Manahan Solo sudah mencapai 70 persen. Bangunan apa saja yang masih dalam proses pengerjaan?

Inibaru.id – Proses renovasi Stadion Manahan Solo disebut-sebut sudah mencapai 70 persen. Diperkirakan, pada Oktober 2019 nanti stadion tersebut akan selesai dan siap digunakan untuk berbagai ajang olahraga.

Laman Antaranews, Senin (1/7/2019) menulis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut proses renovasi salah satu stadion terbaik di Provinsi Jawa Tengah ini telah sesuai dengan rencana.

“Renovasi Stadion Manahan Solo oleh Kementerian PUPR sudah mencapai hampir 70 persen. Oktober diperkirakan bisa selesai,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta Joni Hari Sumantri.

Joni menyebut Stadion Manahan Solo nantinya akan memiliki fasilitas internasional sesuai dengan standar FIFA layaknya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hanya saja, kapasitasnya jauh lebih kecil, yakni 20 ribu penonton. Sebagaimana SUGBK yang berkapasitas 70 ribu penonton, seluruh area tribun di Stadion Manahan akan diisi bangku tunggal. Nantinya, Stadion Manahan juga dilengkapi dengan tempat istirahat pemain, ruang konferensi pers, ruang sauna, kolam dengan air dingin dan air hangat, serta lampu dengan kekuatan 1.500-2.000 watt.

Biaya yang dihabiskan untuk proses renovasi ini mencapai Rp 317 miliar. Seluruh dana ini berasal dari APBN Kementerian PUPR.

“Pengerjaan yang sudah selesai di antaranya adalah rumput, tempat duduk, dan berbagai ruangan. Yang belum selesai itu rangkaian atap stadion karena memang harus spesifik dan harus dibangun dengan cermat dan teliti, jadi butuh waktu lama,” ucap Joni.

Selain stadion untuk pertandingan sepak bola atau kebutuhan atletik, di kawasan Stadion Manahan juga sedang dibangun GOR Indoor dengan standar internasional tipe B yang bisa digunakan untuk pertandingan tenis, futsal, voli, bulu tangkis, basket, serta pencak silat. Proses pembangunan GOR ini diperkirakan baru selesai pada 2020 nanti.

Nggak sabar ya Millens melihat bentuk Stadion Manahan yang baru. Pasti lebih keren. (IB09/E04)