Oh No! Ini 6 Kesalahan Umum saat Belajar

Oh No! Ini 6 Kesalahan Umum saat Belajar
Saat belajar hindari kesalahan-kesalahan ini. (Shutterstock)

Demi mewujudkan kedinamisan agar pengetahuan dan skill terus berkembang, seseorang perlu belajar. 

Inibaru.id – Untuk menguasai sebuah ilmu, seseorang harus belajar. Jika nggak, mereka bakal tertinggal dari orang-orang yang rajin belajar dalam persaingan dunia kerja.

Nah, buat dapat hasil maksimal dalam belajar ini nggak mudah ya. Beberapa kesalahan pada umumnya sering membuat kamu gagal dalam menyerap informasi. Sehingga yang kamu dapat dalam sesi belajar ini bukan ilmu melainkan rasa capek. Apa saja sih enam kesalahan dalam belajar ini?

1. Memiliki Tujuan yang Salah

Nilai tinggi cuma bonus dari kerja kerasmu. (Unsplash)
Nilai tinggi cuma bonus dari kerja kerasmu. (Unsplash)

Pertama yang perlu kamu terapkan adalah tujuanmu dalam belajar. Jika tujuanmu hanya ingin memperoleh nilai tinggi maka ini salah besar.

Mungkin setelah kamu belajar kamu bakal mendapat nilai bagus dalam ujian. Namun setelah itu apa yang bisa kamu peroleh? Kamu hanya akan melupakan apa yang sudah kamu pelajari.

Nah, seharusnya tujuanmu belajar adalah mengembangkan diri. Kamu harus berkembang sebagai manusia yang nggak gini-gini saja. Dengan pengembangan ilmu dan keterampilan kamu harus bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jadi, tujuan itulah yang bakal bikin kamu semangat dalam belajar.

2. Salah Memakai Cara Belajar

Menemukan cara belajar efektif sangat diperlukan. (Shutterstock)
Menemukan cara belajar efektif sangat diperlukan. (Shutterstock)

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam belajar. Ada yang mudah menyerap informasi dari bahan bacaan. Ada yang lebih mudah mendengarkan. Ada yang harus dijelaskan dengan ilustrasi. Pun ada yang lebih mengerti jika diperlihatkan melalui video.

Nah, kamu perlu mencari tau terlebih dahulu cara mana yang membuat kamu lebih mudah memahami pelajaran. Jangan hanya ikut-ikutan cara belajar orang lain yang belum tentu cocok dengan kamu. Temukan cara efektif belajarmu dan gunakan itu.

3. Susah Fokus

Jangan sampai fokusmu terganggu saat belajar ya. (Unsplash/Mimi Thian)
Jangan sampai fokusmu terganggu saat belajar ya. (Unsplash/Mimi Thian)

Kamu perlu fokus saat belajar agar informasi itu dapat terserap. Jadi jangan biarkan ada pengalihan perhatian di sekitar kamu saat sedang belajar.

Kamu perlu mempelajari ini, sebab setiap orang memiliki kegagalan fokus yang nggak sama. Ada yang nggak bisa belajar di tempat ramai. Ada yang setiap belajar perlu ditemani. Pun ada yang merasa gelisah kalau belajar di tempat sepi. Kamu perlu tahu titik fokus kamu untuk belajar.

4. Belajar Terlalu Lama

Jangan belajar terlalu lama ya. (Pexels)
Jangan belajar terlalu lama ya. (Pexels)

Memang bagus kalau kamu punya semangat belajar yang menggebu-gebu. Tapi jangan sampai membuat kamu nggak terkendali ya. Karena terlalu lama belajar bisa membuat otak dan tubuh kamu lelah. Nah, kalau sudah lelah otak bakal sulit menerima dan menyimpan informasi.

5. Belajar Hanya Kadang-Kadang

Jarang belajar juga jadi masalah. (Freepik)
Jarang belajar juga jadi masalah. (Freepik)

Waktu yang efektif untuk belajar itu bukan seberapa lamanya kamu belajar tapi seberapa seringnya kamu belajar. Cukup dengan belajar 15 menit setiap hari sudah dikatakan efektif daripada kamu belajar 4 jam seminggu sekali. Belajarlah dengan rutin agar otakmu terus-menerus terlatih.

6. Malas Praktik

Apa yang diperlajari harus dipraktikkan biar nempel di ingatan. (ulpnet.com)
Apa yang diperlajari harus dipraktikkan biar nempel di ingatan. (ulpnet.com)

Setelah kamu memahami semua yang kamu pelajari dan merasa menguasainya pasti kamu senang. Tapi kamu juga perlu mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari ya. Jangan sampai apa yang telah kamu pelajari menguap begitu saja lantaran kamu nggak pernah mengaplikasikannya.

Misalnya saat kamu belajar bahasa asing, kamu perlu praktik berkomunikasi dengan orang asing. Jika kamu belajar eksak kamu bisa melakukan latihan soal-soal eksak. Atau jika kamu belajar ilmu sosial, kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, kamu pasti pernah melakukan salah satunya kan. Yuk, mulai hindari kesalahan tersebut biar belajar nggak cuma capek aja. (IB30/E05)