Odeleite, Penampakan Naga Biru di Portugal

Odeleite, Penampakan Naga Biru di Portugal
Odeleite, penampakan naga biru di Tanah Portugal. (Twitter/alentejo_1970)

Di Portugal, ada penampakan naga biru jika kamu naik pesawat dan melintas di wilayah Algarve. Seperti apa sih penampakan naga biru yang unik ini?

Inibaru.id – Melihat fotonya saja, kita seperti langsung tahu kalau yang terlihat mirip dengan seekor naga berwarna biru. Tapu “naga” yang terlihat meliuk-liuk, lengkap dengan “kaki” dan “ekor” ini berukuran raksasa karena harus dilihat dari pesawat atau ketinggian. Nah, penampakan “naga biru” kebanggaan Portugal ini dikenal sebagai Odeleite.

Odeleite sebenarnya adalah sebuah sungai. Nama resminya adalah Ribiera de Odeleite. Kalau diartikan dari Bahasa Portugal, artinya sebenarnya hanya Sungai Odeleite. Nah, Sungai Odeleite ini sebenarnya hanyalah anak sungai yang lebih besar, Sungai Guadiana.

Sungai Odeleite yang terlihat layaknya naga ini ada di Portugal Selatan, tepatnya di Castro Marim, Algarve. Asal sungai ini adalah Pegunungan Serra de Calderiao. Sungai ini melewati Kota Sao Bras de Alorter, Alcoutim, serta Castro Marim Faro.

Foto penampakan “naga biru” di Sungai Odeleite mulai viral di media sosial usai seorang fotografer bernama Steve Richards naik pesawat dari Cardiff, Wales, menuju Faro, Portugal. Richards yang duduk di dekat jendela terkesima dengan penampakan sungai berwarna biru cerah yang mirip naga ini dan kemudian mengambil fotonya. Foto ini diunggah di Flicker pada 2010 dan langsung terkenal.

Menurut keterangannya, warna biru cerah pada sungai tersebut berasal dari pantulan langit yang memang cerah pada saat itu. Gara-gara foto ini pula, sungai ini kemudian punya julukan Rio Dragao Azul atau jika diartikan adalah Sungai Naga Biru.

Sungai Odeleite dari dekat. (Flickr/

mat's eye)
Sungai Odeleite dari dekat. (Flickr/ mat's eye)

“Banyak orang mengira foto ini adalah gambar yang diciptakan melalui komputer. Saya bahkan pernah membaca komentar yang mengatakan bahwa ini adalah citra satelit artifisial yang berwarna,” terang Richards.

Di Tiongkok, foto-foto Sungai Odeleite yang diambil Richards sempat bikin geger. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan masyarakat Tiongkok yang menganggap naga sebagai simbol keberuntungan

Nama Sungai Odeleite ini diambil dari nama desa yang ada di dekat sungai ini. Desa ini sangatlah unik karena terdiri atas sejumlah rumah berukuran kecil dengan warna cat putih.

“Badan” dan “kepala” naga yang terbentuk dari aliran Sungai Odeleite sebenarnya berasal dari air yang terkumpul dari bendungan Odeleite yang dibangun pada 1992 hingga 1998. Air ini kemudian diarahkan ke Algarve Timur untuk kebutuhan pengairan warga di sana.

Nah, kabarnya, pada 2014 lalu, sudah ada rencana mengembangkan bendungan tersebut. Ide ini dilontarkan oleh Wali Kota Castro Marim Fransisco Amaral. Kalau menurutnya sih, tujuan pengembangan ini untuk kebutuhan pariwisata. Masalahnya, kalau ada bendungan lagi, bisa jadi bentuk aliran sungai yang seperti naga ini bakal berubah.

Menarik, ya Millens, meski hanya bisa dilihat dari atas atau ketinggian, penampakan naga biru di Sungai Odeleite ini memang sangat menarik, ya. Kalau sampai terbang melewati sungai ini, jangan lupa foto-foto. (Ind, Mer/IB09/E05)